Resep Tahu Mapo Ala Chinese Food

Resep Tahu Mapo Ala Chinese Food - Tahu Mapo (mapo tahu), adalah hidangan China yang populer dari provinsi Sichuan China. Masakan dari China kini mulai menyebar di penjuru dunia, termasuk Indonesia salah satunya. Banyak sekali masakan-masakan China yang digemari oleh masyarakat. Sebenarnya masakan China terdiri dari bahan-bahan yang mudah kita jumpai di sekitar kita. Hanya saja kita belum mengerti bagaimana resep dan cara membuat masakan China dari bahan-bahan tersebut, karena biasanya kita hanya bisa menikmati saja dan belum mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Oleh karena itu, dalam artikel ini penulis akan menyajikan suatu resep masakan China dengan bahan dasar tahu, yaitu dengan nama Tahu Mapo Ala Chinese Food. Masakan ini merupakan kombinasi dari tahu dengan saus yang memberikan nuansa rasa asam pedas. Biasanya masakan ini memberikan tampilan warna merah tipis, berminyak, dan cerah, yang sering dimasak dengan daging cincang. Tampilan yang cukup menarik ini mampu memikat selera penikmat kuliner, terutama pecinta masakan China.

Tahu merupaka makanan olahan dari kedelai. Seperti yang kita ketahui, tahu adalah makanan yang sangat mudah kita temukan di sekitar kita. Selain itu, tahu memiliki jenis yang beragam dan tentunya dengan kangungan nilai gizi yang beragam pula. Pada tahu terdapat berbagai macam kandungan gizi, seperti protein, lemak, karbohidrat, kalori dan mineral, fosfor, vitamin B-kompleks seperti thiamin, riboflavin,  vitamin E, vitamin B12, kalium dan kalsium (yang bermanfaat mendukung terbentuknya kerangka tulang). Dengan kandungan sekitar 80% asam lemak tak jenuh, tahu tidak banyak mengandung kolesterol, sehingga sangat aman bagi kesehatan jantung. Bahkan karena kandungan hidrat arang dan kalorinya yang rendah, tahu merupakan salah satu menu diet rendah kalori. Tahu Mapo ini sangat baik untuk di konsumsi. Dengan rasa yang enak ditambah dengan kandungan gizi yang cukup banyak tersebut, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi tahu. Namun, biasanya kita jenuh dengan masakan olahan dari tahu yang begitu-begitu saja. Nah untuk kali ini, kita akan mencoba membuat olahan tahu menjadi masakan Ala China. Mari kita simak Resep Tahu Mapo Ala Chinese Food dan setelah itu kita bisa mencobanya sendiri.

Baca Juga : Resep Kwetiau Seafood Lada Hitam
Resep Tahu Mapo Ala Chinese Food
Bahan Utama Tahu Mapo Chinese Food :
  • 500 gram tahu sutera, dipotong kotak
  • 150 gram daging giling
  • 2 cm jahe,dicincang halus
  • 2 sdt kecap inggris
  • 2 sdm kecap manis
  • 8 siung bawang putih, dicincang
  • 3 sdm saus tomat
  • 2 sdm saus sambal

Bumbu Tahu Mapo Yang Digunakan :
  • 1 ½ sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 3 batang daun bawang,diiris halus
  • 300 ml kaldu daging
  • 2 sdt tepung sagu dilarutkan dalam 2 sdt air
  • 5 sdt minyak wijen
  • 1 sdt merica bubuk
  • 5 sdm minyak  goreng

Cara Memasak Tahu Mapo Ala Chinese Food :
  1. Lumuri daging giling dengan kecap manis dan kecap inggris, selanjutnya diamkan selama kurang lebih 20 menit
  2. Panaskan minyak goreng kemudian tumis jahe dan bawang putih hingga harum
  3. Masukkan daging giling dan aduk rata hingga berubah warna dan mengeluarkan aroma
  4. Tambahkan tahu sutera yang sudah dipotong kotak, aduk kembali hingga rata
  5. Tuang kaldu daging dan masak hingga mendidih, kemudian kentalkan menggunakan tepung sagu dan masak hingga meletup -letup
  6. Terakhir masukkan minyak wijen dan daun bawang hingga tercampur rata, angkat dan kemudian sajikan selagi hangat
Sangat mudah bukan proses membuatnya ? Resep Tahu Mapo Ala Chinese Food ini sangat recommended sekali bagi penikmat kuliner China. Selain rasanya yang lezat, masakan ini juga sangat mudah dibuatnya. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah kita dapatkan di sekitar kita, tentunya kita tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri. Semoga artikel sederhana ini bisa dijadikan sebagai referensi untuk membuat kreasi masakan tahu lainnya. Untuk madakan China yang lebih lengkapnya, anda bisa kunjingi di halaman. Selamat mencoba. Happy Cooking.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Tahu Mapo Ala Chinese Food"

Post a Comment