Resep Pecel Madiun

Resep Pecel Madiun - Masakan Pecel adalah nama masakan yang pasti sudah tidak asing lagi bagi kalangan penikmat kuliner nusantara. Pecel merupakan masakan yang terdiri dari beberapa macam sayuran hijau yang di rebus dan di siram dengan sambal kacang. Selain itu, biasanya kita menyantapnya dengan bahan pelengkap lainnya. Banyak sekali daerah-daerah yang memiliki resep pecel masing-masing. Seperti yang satu ini, kita akan mencoba membuat masakan dengan Resep Pecel Madiun. Mengapa dinamakan Pecel Madiun ? Hal ini tidak lain adalah karena pecel ini berasal dari Madiun. Sebenarnya tidak jauh beda pecel yang ini dengan pecel-pecel yang lainnya. Hanya saja karena pecel ini berasal dari Madiun, maka orang sering menyebutnya Pecel Madiun. Di daerah lain masakan pecel pun memiliki komposisi yang sama, yaitu terdiri dari sayuran yang direbus dan kemudian di siram dengan sambal kacang. Sebelum itu, kita simak dulu sedikit tentang bahan dasar dari pecel ini, yaitu sayuran. 
Sayuran merupakan sumber protein nabati yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Berbagai macam sayuran dapat kita jumpai di sekitar kita. Sayuran dikonsumsi dengan cara yang sangat bermacam-macam, baik sebagai bagian dari menu utama maupun sebagai makanan sampingan. Kandungan nutrisi antara sayuran yang satu dan sayuran yang lain pun berbeda-beda, meski umumnya sayuran mengandung sedikit protein atau lemak, dengan jumlah vitamin, provitamin, mineral, fiber dan karbohidrat yang bermacam-macam. Beberapa jenis sayuran bahkan telah diklaim mengandung zat antioksidan, antibakteri, antijamur, maupun zat anti racun. Namun, seringkali sayuran juga mengandung racun dan antinutrisi seperti α-solanin, α-chaconine, enzim inhibitor (dari cholinesterase, protease, amilase, dsb), sianida dan sianida prekursor, asam oksalat, dan banyak lagi. Tergantung pada konsentrasi, senyawa tersebut dapat mengurangi sifat dapat dimakan (edibility, palatability), nilai gizi, dan manfaat kesehatan dari diet sayuran. Memasak dan mengolahnya dapat mengurangi sejumlah zat tersebut.
Bagi yang sedang melakukan diet vegetarian, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran hijau yang masih segar dan alami. Melakukan diet dengan mengkonsumsi jumlah sayuran dan buah-buahan yang cukup dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tahap 2. Dengan diet ini pula, dapat membantu melawan kanker dan mengurangi keropos tulang. Selain itu, dengan kita mengkonsumsi zat potasium (banyak ditemui pada buah dan sayur-mayur) akan membantu mencegah terbentuknya batu ginjal. 
Sayuran yang digunakan untuk membuat pecel ini biasanya dipilih sayuran hijau yang bagian daun mudanya. Akan tetapi, sayuran lainnya juga bisa digunakan untuk menambah varian rasa dan warna. Kita bisa menggunakan lebih dari tiga jenis sayuran untuk membuat pecel ini. Semakin banyak sayuran yang kita gunakan, maka akan semakin banyak pula kandungan gizi yang kita makan. Nah, setelah kita mengetahui betapa banyaknya kandungan gizi dari sayuran ini, sekarang kita simak Resep Pecel Madiun dan kemudian kita bisa mencoba membuatnya sendiri. 

                                   


Bahan dan Bumbu Pecel Madiun  :
  • 300 gram kacang tanah goreng, haluskan
  • Sayuran sesuai selera (saya menggunakan daun singkong, daun ningkir, dan daun pepaya),rebus hingga matang
  • Kacang panjang, di potong-potong dan rebus
  • Tauge, seduh air panas
  • Mentimun, potong kecil tipis
  • Daun kemangi
  • Air secukupnya untuk mencairkan sambal
  • 5 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah
  • 5 buah cabe rawit
  • 5 cm kencur
  • 8 lembar daun jeruk, iris halus
  • 1 sdt terasi matang
  • 10 sdm gula merah
  • Garam secukupnya 
  • 2 sdm air asam jawa

Pelengkap : Bawang goreng dan rempeyek

Cara Membuat Pecel Madiun :
  1. Potong kasar bawang putih, cabe dan kencur, kemudian tumis sebentar dengan sedikit minyak.
  2. Haluskan bersama bumbu lainnya dan kemudian campur bersama kacang tanah yang telah dihaluskan. 
  3. Cairkan dengan air matang, cicipi rasanya, lalu siram dan aduk bersama sayuran.
  4. Hidangkan bersama pelengkap. Pecel siap di santap. 

Sangat mudah bukan prosesnya ???? Kira-kira seperti itu tadi cara membuatnya. Semoga artikel mengenai Resep Pecel Madiun ini dapat digunakan sebagai referensi untuk membuat olahan makanan yang lainnya. Sekedar catatan saja, jika menggunakan daun pepaya sebagai bahannya, sebaiknya di rebus dalam wadah tersendiri dengan dicampur dengan tanah kemudian di bilas air matang. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Demikian sedikit artikel kuliner kita hari ini. Selamat berkreasi yaa... Happy cooking... 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Pecel Madiun "

Post a Comment