Resep Crepes Gurih dan Renyah

Resep Crepes Gurih dan Renyah - Bebagai olahan crepes sangat banyak diminati banyak kalangan. Berkembangnya teknologi dan informasi membuat dunia ini menjadi memiliki keanekaragaman yang sangat banyak sekali. Bahkan dalam masalah kuliner pun mempunyai banyak sekali jenisnya, daru masakan nusantara hingga mancanegara. Tidak heran jika kuliner mancanegara kini semakin merambah di tanah nusantara, karena seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi tersebut. Seperti halnya yang satu ini, dalam artikel kali ini penulis akan mengulas salah satu kuliner mancanegara yang sudah mulai mendunia di Indonesia. Nama masakan ini adalah Crepes, yang merupakan kuliner dari Eropa. Dalam artikel kuliner ini kita akan belajar membuat Crepes dengan Resep Crepes Gurih dan Renyah yang akan penulis sajikan nantinya. Sebelumnya, kita harus mengenal dulu apa itu Crepes. Crepes adalah makanan penekuk tipis yang terbuat dari gandum dan merupakan makanan yang sangat digemari di seluruh Eropa dan tempat lainnya. Bahan utamanya adalah terigu, telur, susu, mentega, dan garam. Terdapat dua jenis Crepes, yaitu Crepes manis yang terbuat dari tepung gandum dan Crepes asin yang terbuat dari tepung buckwheat.

Dalam pembuatannya, Crepes dapat digulung atau dilipat, dan dapat juga diisi dengan berbagai macam isi. Crepes dapat dimakan dengan makanan apapun apabila ia diasinkan, dan diisi dengan keju, asparagus, ham, telur, ratatouille, jamur, atau produk daging lainnya. Crepes yang manis dapat dijadikan sebagai hidangan penutup. Crepes dapat diisi dengan berbagai jenis makanan manis seperti selai, cokelat lelehan, susu, es krim, buah berry, kacang, cinnamon, dan sebagainya. Sebagai topping atau atasnya dapat digunakan gula (bubuk), jus lemon, whipped cream, buah-buahan yang dipotong, dsb. Dalam Resep Crepes Gurih dan Renyah ini kita akan menggunakan bahan dasar tepung terigu. Seperti yang kita ketahui, tepung terigu merupakan salah satu bahan makanan berbentuk serbuk atau butiran halus berwarna putih yang dibuat dari biji gandum. Tepung terigu memiliki tekstur yang lebih halus serta kadar gluten dan kekenyalan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tepung gandum. Gluten sendiri merupakan sejenis protein yang terdapat pada tepung dan gandum. Berdasarkan kadar glutennya, tepung terigu dibedakan menjadi tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein sedang dan tepung terigu protein rendah.

Tepung terigu protein tinggi memiliki kadar gluten paling tinggi yaitu berkisar antara 13%-14%  sehingga memiliki kemampuan mengikat dan memerangkap gas dengan baik yang membuat adonan mengembang sempurna dan tekstur lebih kenyal. Namun kelemahannya, tepung terigu jenis ini cepat basi dan berjamur sehingga tidak dapat bertahan lama. Sementara itu tepung terigu protein sedang memiliki kadar gluten menengah yaitu berkisar antara 11%-12% dan seringkali digunakan sebagai tepung serba guna dalam pembuatan makananan. Sedangkan tepung terigu protein rendah memiliki kadar gluten paling rendah yaitu tak lebih dari 11% dan baik sekali untuk membuat kue-kue yang renyah. Kelebihannya, tepung terigu jenis ini memiliki ketahanan yang lebih lama dikarenakan rendahnya kadar protein. 
Nah itu tadi sedikit pengantar mengenai bahan dasar yang akan kita gunakan dalam pembuatan masakan Crepes kali ini. Dengan bahan yang mudah kita jumpai di sekitar kita, pembuatan Crepes ini tidaklah susah. Berikut ini penulis akan menyajikan Resep Crepes Gurih dan Renyah.  
Resep Crepes Gurih dan Renyah
Alat yang digunakan :
√ Wadah
√ Sendok makan
√ Teflon
√ Whisker

Bahan - Bahan Crepes Gurih dan Renyah :
√ 150  gram tepung terigu
√ 300 ml susu sapi cair 
√ 2 butir telur ayam
√ Selai cokelat secukupnya
√ Kayu manis secukupnya
√ 2 sdm Butter atau margarin
√ Gula putih secukupnya

Bahan isi / Topping :
Choco chip, keju, pisang dipotong tipis, nutella coklat, messes, susu, atau sesuaikan dengan selera masing-masing

Cara Membuat Crepes Gurih dan Renyah :
  1. Tuangkan susu cair dan telur ke dalam wadah dan kocok dengan menggunakan whisk hingga berbusa. Pastikan adonan benar-benar rata supaya adonan bisa lentur.
  2. Masukkan tepung terigu sambil di ayak. Selanjutnya, kocok lagi adonan hingga tercampur rata. 
  3. Lelehkan butter / margarin lalu masukkan ke dalam adonan tepung dan aduk lagi hingga rata.
  4. Panaskan wajan anti lengket atau teflon. Setelah panas, angkat dari kompor, tuang adonan crepes pada wajan, putar wajan agar adonan rata dan tipis.
  5. Letakkan kembali wajan di atas kompor, masukkan nutella di dalam Crepes. Bisa juga menggunakan taburan gula putih serta kayu manis bubuk, setelah itu lipat Crepes menjadi bentuk segi tiga. Crepes sudah bisa disajikan.

Sebelum kita belajar membuat Crepes yang renyah, kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana tips membuat Crepes yang renyah. Berikut adalah tips yang harus kita pelajari : 

  • Kocok susu dan telur hingga berbusa. Hal ini akan membuat adonan Crepes menjadi lentur.
  • Selalu lakukan pengayakan untuk membuat tepung jatuhnya menyebar rata sehingga Crepes menjadi lebih lembut.
  • Pemakaian butter bisa juga diganti dengan margarin, sehingga wajan anti lengkat tidak perlu dioles minyak lagi.
  • Saat menuang adonan Crepes disarankan tidak menuang pada saat teflon di atas kompor,tapi dengan mengangkat teflon agar adonan masih cair dan mudah di tipiskan dengan cara memutar wajan, setelah itu letakkan kembali wajan di atas kompor.
Bagaimana, mudah bukan cara membuatnya???  Semoga artikel sederhana mengenai Resep Crepes Gurih dan Renyah tersebut dapat memberi manfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sebagai referensi untuk berkreasi dalam bidang kuliner. Bagi penikmat kuliner Eropa khususnya, artikel ini sangat disarankan bagi anda supaya bisa membuat sendiri masakan Eropa yang anda inginkan. Selamat mencoba.... 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Crepes Gurih dan Renyah "

Post a Comment