Resep Mie Goreng Aceh

Resep Mie Goreng Aceh - Mie merupakan salah satu makanan yang tidak ada habisnya. banyak sekali kombinasi makanan yang terbuat dari mie. Setiap daerah tentunya memiliki makanan khas masing-masing. Semakin banyak daerah di negeri kita, maka semakin banyak pula masakan nusantara yang bisa kita nikmati. Salah satu masakan khas daerah dari nusantara kita ini adalah Mie Goreng Aceh. Dari namanya saja sudah menggunakan unsur nama daerah. Tentunya masakan ini juga berasal dari Aceh pula.  Mie goreng aceh ini terbuat dari bahan dasar Mie Telur yang dilengkapi dengan bahan dan bumbu lainnya. Dalam artikel ini penulis ingin membagikan Resep Mie Goreng Aceh supaya kita sama-sama bisa belajar membuatnya sendiri. Sebelum kita lebih jauh ke topik perbincangan, kita akan mengkaji terlebih dahulu tentang mie telur yang digunakan sebagai bahan dasarnya. 
Mie telur adalah jenis makanan yang berbahan dasar dari campuran telur dan tepung terigu. Mie telur biasanya memiliki bentuk yang keriting dan memiliki tekstur yang lembut setelah di rebus. Mie telur dapat dibuat sendiri agar lebih sehat dan ada juga yang dapat dibeli secara instant. Biasanya mie telur yang sering digunakan adalah mie telur yang instan karena tidak perlu repot-repot untuk membuatnya dan untuk memasaknya pun cukup mudah hanya dengan merebusnya dan Anda dapat memasak mie telur sesuai keinginan. Olahan mie telur yang paling mudah adalah mie goreng atau mie rebus.
Mie telur ternyata memiliki kandungan vitamin B1, vitamin A, kalsium, zat besi, protein, serta energi. Mie telur ini cukup baik untuk kesehatan karena dapat dijadikan sebagai pengganti nasi. Kandungan karbohidrat yang didalamnya cukup menggantikan energi apabila tidak dikonsumsi secara berlebihan. Namun, ada baiknya tidak mengkonsumsi mie telur secara berlebihan karena nutrisi yang kita peroleh tidak akan sebanyak mengkonsumsi nasi. Dalam pengolahan mie, biasanya kita merasa kesal jika mie telur yang kita masak mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Aroma yang kurang sedap itu bisa terjadi karena kita menyimpan mie telur pada tempat dan suhu yang salah. Berikut beberapa cara agar mie telur yang kita miliki tidak berbau :
  • Jika yang kita punya adalah mie telur yang basah, maka sebaiknya simpan pada wadah yang tertutup dan kedap udara kemudian simpan pada lemari es atau freezer. Hal ini dapat menjaga mie telur  tetap lembut dan tidak cepat berjamur;
  • Saat akan menggunakan mie telur, keluarkan dari freezer dan diamkan selama kurang lebih 2 jam sehingga terkstur mie telur tidak rusak;
  • Sementara itu, jika kita memiliki mie telur yang instan atau yang bentuknya kering, cara menyimpannya sangatlah mudah. Cukup tempatkan pada tempat yang kedap udara dan pada suhu ruangan.

Setelah kita paham tentang mie telur, selanjutnya kita akan mengkaji Resep Mie Goreng Aceh sebagai berikut :
Resep Mie Goreng Aceh 


Bahan - Bahan Mie Goreng Aceh  :
√ 500 gram mie telur
√ 400 gram daging sapi
√ 200 gram udang kupas, potong kecil
√ 2 ikat sawi hijau, potong-potong
√ 5 sdm kecap manis
√ 5 sdm kecap asin
√ 3 sdt garam
√ 2 sdt gula pasir
√ 2 batang daun bawang
√ 6 siung bawang merah, iris tipis
√ 2 buah tomat, potong-potong
√ minyak secukupnya

Bumbu halus :
√ 10 siung bawang putih
√ 10 siung bawang merah
√ 6 butir kemiri
√ 4 cm jahe
√ 2 cm kunyit
√ 1 sdt jintan
√ 4 butir adas manis
√ 6 butir kapulaga
√ 1 sdt ketumbar

Cara membuat Mie Goreng Aceh  :
  1. Rebus mie telur hingga setengah matang, angkat dan tiriskan. Kemudian campur dengan sedikit minyak goreng agar tidak lengket satu sama lain.
  2. Rebus daging hingga empuk, potong-potong kecil. Lalu ambil air kaldunya kurang lebih 200 ml. 
  3. Tumis bawang merah dan daun bawang hingga harum, masukkan bumbu halus dan tumis semuanya hingga harum. 
  4. Masukkan udang dan tumis bersama bumbu hingga berubah warna. Masukkan daging dan aduk rata.
  5. Tuang air kaldu ke dalam bumbu, masak hingga mendidih. Masukkan sawi hijau dan tomat, masak hingga layu. 
  6. Tambahkan kecap manis, kecap asin, garam dan gula. Aduk rata, biarkan mendidih dan mengental.
  7. Masukkan mie, aduk lagi dengan bumbu. Masak hingga bumbu meresap dan kuah kaldu mengering, sambil terus diaduk agar tidak lengket di penggorengan.
  8. Angkat dan sajikan mie dengan taburan bawang goreng atau yang lainnya sesuai selera. 

Demikian ulasan sedikit mengenai Resep Mie Goreng Aceh. Semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat dan tentunya bisa membantu pembaca untuk berkreasi dengan masakan nusantara yang lainnya.  Sedikit catatan, resep yang penulis sajikan diatas adalah untuk dua piring. Bagi pembaca yang ingin mengurangi atau menambahi jumlah porsi bisa di kira-kira sendiri takarannya. Selamat mencoba, semoga berhasil... 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Mie Goreng Aceh "

Post a Comment