Resep Lumpia Khas Semarang

Resep Lumpia Khas Semarang - Di jaman globalisasi seperti sekarang ini, terkadang tanpa kita sadari ada banyak sekali bahan makanan yang tidak kita ketahui di sekitar kita ini. Banyaknya makanan modern yang instan lebih digemari oleh para konsumen karena mereka tidak ingin repot. Hal inilah yang membuat kita tidak menyadari akan adanya bahan makanan di sekitar kita yang lebih sehat dan bergizi. Seperti salah satunya yaitu rebung atau tunas bambu. Sekarang ini banyak sekali yang memandang sebelah mata bahan makanan yang satu ini dengan alasan takut keracunan. Sebenarnya memang ada jenis rebung yang tidak layak di konsumsi. Akan tetapi masih ada rebung jenis lainnya yang sangat lezat dan bergizi untuk di konsumsi. Oleh karena itu, penulis ingin sekali mengulas tentang rebung yang dapat di kreasikan menjadi olahan makanan. Dalam artikel ini penulis akan menyajikan olahan makanan dari bahan rebung, yaitu Resep Lumpia Khas Semarang. Namun sebelumnya, kita akan mengkaji sedikit mengenai rebung yang bermanfaat bagi kesehatan.

Rebung merupakan salah satu jenis makanan eksotis yang telah banyak dikonsumsi diberbagai negara negara, terutama di Asia. Namun sekarang ini, hal tersebut telah menyebar luas hingga ke negara-negara Barat. Nutrisi utama yang terdapat dalam rebung adalah protein, asam amino, lemak, gula dan garam anorganik. Rebung kaya akan protein, mengandung antara 1,49 dan 4,04 gram (rata-rata 2.65g) per 100g rebung segar. Rebung menghasilkan delapan protein penting dan dua asam amino semi esensial. Kandungan lemak dalam rebung relatif rendah yaitu hanya sekitar 0,26-0,94% saja, manfaat rebung  juga sangat kaya akan asam lemak esensial. Kadar gula dalam rebung rata-rata berkisar 2,5% lebih rendah dibanding sayuran lainnya. Kandungan air dalam rebung +/- mencapai 90%. Rebung memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah :
  • Menurunkan berat badan dan kolesterol, karena kandungan kalori, karbohidrat, gula, serta lemak dalam rebung sangatlah kecil, bahkan hampir tidak ada.
  • Menjaga kesehatan jantung, karena mengandung pitosterol dan fitonutrie.
  • Menurunkan resiko kanker, karena mengandung pitosterol seperti flavon, amilase, dan klorofil. Selain itu, rebung juga menandung zat alami fitokimia.
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh, karena mengandung berbagai macam vitamin, mineral, dan antioksidan.
  • Menyehatkan sistem pencernaan, karena mengandung serat yang tingil.
  • Agen detoksifikasi dan uterotonika, dengan menggunakan ekstrak rebung. 
  • Untuk membersihkan luka, karena mengandung antiseptik.
  • Menurunkan tekanan darah, karena mengandung senyawa kalium dalam jumlah yang tinggi. 
Itulah beberapa manfaat rebung yang membantu dalam kesehatan tubuh kita. Bagi yang sampai saat ini masih meragukan manfaat rebung, mulailah dari sekarang untuk mengkonsumsi rebung. Banyak sekali olahan makanan yang dapat kita kombinasikan dengan rebung, misalnya dalam membuat sayur, camilan, makanan penutup, snack, dan lain sebagainya. Seperti resep yang satu ini, kita akan mencoba Resep Lumpia Khas Semarang dimana bahan isian utamanya adalah rebung yang dikombinasikan dengan daging ayam.

Baca juga : Cara Membuat Es Jus Cinta

Resep Lumpia Khas Semarang
Bahan dan Bumbu Lumpia Khas Semarang :

√ kulit lumpia secukupnya
√ ½ kg rebung, potong kecil memanjang
√ ¼ kg daging ayam cincang
√ ¼ kg udang, bersihkan dan potong kecil 
√ 2 batang daun bawang, iris tipis 
√ 2 sdm kecap manis 
√ 2 butir telur ayam, kocok lepas
√ 3 siung bawang putih 
√ 5 siung bawang merah 
√ 3 sdm gula pasir 
√ 1 ½ sdt garam 
√ Merica halus secukupnya
√ Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu 

Cara Membuat Lumpia Khas Semarang :
  1. Pertama kita buat isinya dengan merebus rebung yang sudah di potong-potong untuk menghilangkan bau khas rebungnya. 
  2. Setelah mendidih kemudian buang airnya dan masak sekali lagi sampai mendidih kemudian tiriskan.
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, gula pasir, garam dan merica kemudian tumis hingga harum.
  4. Masukkan udang dan daging ayam cincangnya kemudian aduk-aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata dan berbulir, lalu tambahkan telur kocok lepas dan aduk kembali sampai semua bagian tercampur rata.
  5. Masukkan rebung dan aduk-aduk kembali sampai rata.
  6. Tambahkan kecap manis dan irisan daun bawang, kemudian aduk-aduk kembali sampai tercampur rata dan mengering. Angkat dan biarkan agak dingin.
  7. Siapkan kulit lumpia dan isi dengan isian lumpia yang di buat sebelumnya, lalu lipat dan goreng hingga matang. Lumpia siap disajikan.
Seperti itulah kiranya cara membuat lumpia khas Semarang. Untuk takaran bahan anda bisa menyesuaikan sendiri dengan jumlah yang anda inginkan. Semoga artikel sederhana tentang Resep Lumpia Khas Semarang ini dapat memberi manfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sebagai referensi untuk membuat kreasi makanan lainnya. Selamat mencoba... Semoga sukses... Happy Cooking.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Lumpia Khas Semarang"

Post a Comment