Resep Kepiting Asam Manis Pedas

Resep Kepiting Asam Manis Pedas - Pencinta kuliner seafod tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kepiting. Banyak sekali aneka olahan makanan yang dapat kita ciptakan dari bahan dasar kepiting. Salah satu contohnya adalah kepiting asam manis pedas. Dalam membuat masakan ini, kita akan mengkreasikan kepiting dengan rasa asam dan manis yang bercampur pedas. Rasa yang seperti ini memberikan cita rasa yang khas bagi penikmat kuliner seafod pada khususnya. Beberapa manfaat kesehatan bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi kepiting. 
Dalam kepiting terdapat Vitamin B12 yang membantu tubuh memproduksi sel darah merah yang sehat. Selain itu juga mendukung fungsi kerja otak dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler. Kandungan protein yang tinggi berperan sebagai pembentuk enzim, pembentukan sel organ dan otot, pembentuk hormon, perbaikan sel yang rusak, pengatur metabolisme, serta pembentuk sistem kekebalan tubuh. Kepiting juga mengandung Asam Lemak Omega 3 yang berperan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. 
Selain itu, dalam tubuh kepiting juga di jumpai selanium. Kandungan selanium ini berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas penyebab kanker dan penyakit jantung. Sementara iti, kandungan Copper dan Zinc dalam kepiting berfungsi sebagai komponen enzim redox, membantu pembentukan sel darah merah, otot, syaraf, tulang dan otak, mencegah penyakit tulang dan syaraf, sebagai sistem kekebalan tubuh, mencegah pembesaran prostat, serta mencegah kerontokan rambut. Lemak Jenuh yang terdapat dalam kepitng sangat rendah 0,2 gr/ 100 gr. Jadi kepiting sangat baik untuk di konsumsi bagi yang sedang menjalankan program diet.
Dari sekian banyak manfaat kepiting, ternyata kepiting masih mempunyai satu manfaat lagi, yaitu bagi ibu hamil. Mengkonsumsi daging kepiting dari 1-2x seminggu sejak awal kehamilan dapat membuat otak bayi menjadi lebih cerdas. Daging kepiting mengandung kandungan protein (18g / 100g daging), kaya akan kalsium (89 g / 100g daging), tetapi rendahnya tingkat kolesterol atau lemak dibandingkan dengan makanan laut lainnya. Kepiting juga mengandung EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid) yang merupakan komponen asam lemak Omega-3 yang penting dalam pembentukan sel otak janin. 
Setelah kita mengetahui betapa banyaknya manfaat dari kepiting, tentunya kita akan tertarik untuk mengkonsumsi kepiting. Akan tetapi, terkadang bagi kalangan masyarakat menengah kebawah akan merasa keberatan jika harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk menikmati jajanan kuliner kepiting atau sejenis seafod lainnya. Nah untuk itu, dalam artikel Resep Kepiting Asam Manis Pedas ini saya akan memberikan sedikit resep yang dilengkapi dengan cara memasak olahan kepiting. Tenang saja... Disini kita akan membuatnya sendiri, yang pastinya biaya yang kita keluarkan lebih minimalis. Mari kita simak resepnya... 

Resep Kepiting Asam Manis Pedas

Bahan-bahan :
• 5 ekor kepiting segar 
• 4 buah jeruk nipis, perah airnya 
• Air secukupnya untuk merebus 
• Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng 

Bahan untuk saus :
• 2 sdm minyak sayur 
• 4 sdm mentega 
• 20 sdm cabe bubuk 
• 2 buah bawang bombay, cincang 
• 5 siung bawang putih, cincang 
• 4 sdm saus tomat 
• 10 sdm saus tiram 
• 4 batang daun seledri, rajang kasar
• 2 sdm kecap asin 
• 2 sdm kecap inggris 
• 2 sdt lada bubuk 
• 2 sdt gula pasir 
• 1 sdt garam 
• 2 gelas air bersih 

Cara membuat :
  1. Kepiting : Bersihkan kepiting, buka tempurungnya,  potong menjadi empat bagian, dan memarkan capitnya. Untuk menghilangkan bau amis, baluri seluruh kepiting yang sudah dibersihkan dan dipotong tadi dengan air perasan jeruk nipis, diamkan selama 15 menit. Rebus kepiting dengan air secukupnya sampai mendidih, tambahkan arang untuk menghilangkan racunnya. Angkat, tiriskan. Panaskan minyak goreng, dan masukkan kepiting hingga berubah warna atau matang dengan menggunakan api kompor sedang. Angkat, tiriskan.
  2. Saus : Panaskan minyak goreng, tambahkan mentega Tambahkan bawang putih dan bawang bombay, tumis hingga layu dan mengeluarkan aroma harum. Tambahkan garam, kecap manis, kecap inggris, saus tiram, lada bubuk, gula, cabe bubuk, dan segelas air. Tumis sebentar hingga mendidih dan mengental. Angkat. Masukkan kepiting yang sudah digoreng. Aduk hingga rata. Kecilkan api, masak terus sampai bumbu meresap. Sajikan dengan ditambahkan taburan daun seledri dan bahan pelengkap lainnya.
Begitulah uraian singkat mengenai resep dan cara membuat masakan kepiting dengan cita rasa asam dan manis yang bercampur pedas. Mudah bukan ??? Semoga artikel Resep Kepiting Asam Manis Pedas di atas bisa membantu para pembaca semua dalam menciptakan olahan makanan seafod dari bahan dasar kepiting. Selamat mencoba.... Happy cooking with Dapur Kurnia.... :)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Resep Kepiting Asam Manis Pedas"