Resep Ayam Kung Pao Chinese Food

Resep Ayam Kung Pao Chinese Food - Ayam adalah salah satu jenis unggas yang banyak di gemari oleh kalangan masyarakat, terutama untuk masalah makanan. Banyak sekali olahan makanan yang terbuat dari daging ayam. Selain barangnya yang mudah di dapat, daging ayam juga memiliki manfaat dan kandungan gizi yang cukup tinggi untuk kesehatan. Akan tetapi, di sisi lain dari itu ayam juga memberi kerugian pada manusia dalam hal kesehatan pula.  Daging ayam juga paling dikenal banyak membawa bakteri atau virus yang bisa membahayakan kesehatan. Alangkah baiknya sebelum kita mengkonsumsi daging ayam, kita harus pandai-pandai memilih daging ayam yang sehat. Berikut ini adalah beberapa aturan dan rekomendasi yang ditetapkan oleh USDA untuk memastikan daging ayam yang aman di konsumsi.
Menurut aturan USDA, daging ayam segar adalah daging unggas mentah yang belum dibekukan di bawah suhu 26 ° F atau -3.3 ° C. Sedangkan daging unggas mentah yang telah dibekukan pada suhu 0 ° F atau -17,8 ° C harus diberi label beku. Menurut USDA, ada hormon pertumbuhan yang digunakan saat beternak ayam. Di sisi lain, antibiotik digunakan untuk mencegah penyebaran atau pengembangan infeksi mikroba dan penyakit. Dalam hal ini diharuskan penarikan penggunaan antibiotik 1 minggu sebelum pemanenan ayam, sehingga tidak ada antibiotik yang tertinggal dalam daging ayam. USDA juga menentukan suhu di mana ayam dapat disimpan atau tidak harus disimpan. Pada suhu antara 40 ° F dan 140 ° F, bakteri bisa  mulai berkembang biak pada ayam. Pembekuan tidak bisa membunuh bakteri, tetapi akan menghentikan bakteri berkembang biak, sehingga dapat mencegah daging ayam membusuk. 
Hanya  dengan memasak daging unggas secara menyeluruh dengan suhu di atas 165 ° F atau 73,9 ° C akan membunuh bakteri dalam daging ayam. Beberapa bakteri yang dapat ditemukan pada ayam seperti Salmonella, Staphylococcus aureus, Campylobacter jejuni, Listeria monocytogenes dan Escherichia coli. USDA juga merekomendasikan untuk mencuci tangan agar terindar dari infeksi bakteri. Daging unggas mentah, daging merah dan ikan harus disimpan secara terpisah untuk menghentikan penyebaran bakteri kepada  makanan lain.
Ketika kita sudah mengetahui bagaimana tips menggunakan daging ayam yang baik, selanjutnya kita akan mencoba untuk membuat salah satu olahan makanan China yang sangat lezat. Penasaran seperti apa ???? Ikuti terus artikel ini yaa... Kali ini kita akan menyimak Resep Ayam Kung Pao Chinese Food. Resep ini merupakan masakan khas China yang banyak penggemarnya. Daging ayam yang di balur dengan saus khas ini memberi cita rasa yang sangat lezat. Selain itu, kombinasi dengan kacang mede akan membuat masakan ini menjadi lebih istimewa lagi. Mau tau seperti apa resep dan proses memasaknya ??? Yuk kita simak di bawah ini... 


Resep Ayam Kung Pao Chinese Food
Bahan - bahan :
√ 500 gram fillet dada ayam, potong dadu
√ 1 buah jeruk nipis, peras airnya
√ 1 sdm kecap asin
√ ½ sdt merica bubuk
√ 1 sdm arak masak / ang ciu
√ 1 sdm winyak wijen
√ 3 siung bawang putih, cacah halus
√ 5 buah cabai merah kering
√ 1 buah paprika
√ kacang mede atau kacang tanah, sangrai

Bahan Saus :
√ 1 sdm saus tiram
√ 1 sdm arak masak / ang ciu
√ 1 sdm minyak wijen
√ 1 sdt cuka
√ 1 sdt madu
√ 1 sdt gula
√ ½ sdt bubuk cabai
√ 200 ml air
√ 1 sdm tepung maizena larutkan dengan 1 sdm air

Cara membuat :
  1. Rendam ayam dalam campuran air jeruk nipis, kecap asin, merica bubuk, arak masak dan minyak wijen. 
  2. Aduk sampai tercampur rata dan masukkan dalam lemari es selama 30 menit sampai bumbu meresap.
  3. Iris cabai merah kering dan paprika.
  4. Panaskan sedikit minyak dan masak ayam sebentar hingga berubah warna dan matang kira-kira 80%.  Angkat dan sisihkan.
  5. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan irisan cabai merah kering dan paprika.
  6. Tambahkan saus tiram, arak masak, minyak wijen, cuka, madu, gula, bubuk cabai dan air, aduk rata kemudian masukkan larutan tepung maizena. Masak sebentar hingga mendidih.
  7. Masukkan ayam dan kacang ke dalam saus dan aduk hingga merata. Masak hingga saus mengental.  Angkat dan sajikan.

Demikian artikel sederhana mengenai Resep Ayam Kung Pao Chinese Food. Semoga artikel sederhana ini bisa memberikan sedikit inspirasi kepada para pembaca semua untuk mencoba membuat olahan-olahan makanan lainnya. Selamat mencoba dan selamat berkreasi yaa... Happy Cooking with Dapur Kurnia... :-) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Ayam Kung Pao Chinese Food"

Post a Comment