Resep Cumi Spesial Saus Padang

Resep Cumi Spesial Saus Padang - Cumi adalah salah satu hewan laut yang banyak digemari oleh penikmat kuliner, terutama kuliner jenis seafood. Di Indonesia sendiri jenis masakan seafood dari bahan dasar cumi sangat beragam. Dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia tentu sudah sangat mengenal dengan masakan dari bahan cumi. Salah satunya adalah daerah Padang. Di daerah ini terkenal sekali dengan masakan Padang nya, bahkan sudah mendunia di seluruh Indonesia. Di daerah Padang, cumi di olah menjadi masakan khas dengan bumbu saus Padang yang sangat spesial dan nikmat. Resep Cumi Spesial Saus Padang ini banyak dicari oleh penggemar kuliner seafood. Lalu, apakah cumi ini sehat untuk kesehatan kita ??? Tentu saja sangat sehat. Berbagai kandungan gizi terdapat pada cumi. Tetapi, kita juga harus bisa memasak cumi dengan baik dan benar agar cumi tetap memiliki kandungan gizi yang tidak berubah dari semula sebelum di masak. 
Ketika ingin memasak cumi, sebaiknya kita pilih cumi dalam kondisi fresh dan perhatikan durasi memasak agar hasil masakan cumi maksimal dan kandungan gizinya tidak hilang.  Cumi-cumi harus dimasak dalam waktu singkat (2 menit) atau lama (30 menit) karena kandungan protein di dalamnya akan menjadi padat saat dimasak lebih dari 2 menit dan kembali empuk setelah 30 menit. Kandungan protein, mineral, dan berbagai vitamin ada di dalamnya. Protein pada cumi-cumi tersusun atas asam amino esensial yang lengkap dan mudah dicerna. Protein adalah sumber nutrisi penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh, membangun sel-sel dan jaringan baru, serta sumber energi. Per 100 g cumi, kandungan proteinnya sebesar 18 g dan kalorinya 175 g.
Cumi - cumi didominasi asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang (poly unsaturated fatty acid/PUFA) dengan khasiat yang tinggi. Omega-3 jenis EPA (eicosa pentaenoic acid) dan DHA (docosa hexaenoic acid) yang merupakan jenis PUFA, tergolong asam lemak esensial yang penting untuk perkembangan jaringan otak anak, sebagai stimulan positif dalam menguatkan daya ingat, dan bisa mengurangi gejala hiperaktif pada anak. Kandungan fosfornya yang tinggi baik untuk pembentukan tulang dan gigi pada anak. Sedangkan kandungan lysin-nya berguna dalam proses tumbuh kembang anak, karena bisa membantu penyerapan kalsium dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Kandungan asam lemak tidak jenuh ini juga cocok untuk usia dewasa karena bisa membantu menurunkan risiko terjadinya penyempitan pembuluh darah di jantung, sehingga bisa mencegah terjadinya penyakit jantung koroner, darah tinggi, dan stroke.
Banyak sekali olahan makanan yang terbuat dari cumi-cumi. Dengan mengkombinasikannya bersama bahan makanan lainnya, kini cumi-cumi bisa di kreasikan menjadi beragam nama, bentuk, tampilan, dan juga rasanya. Seperti yang satu ini, saya akan menyajikan salah satu resep masakan dari cumi-cumi yaitu Resep Cumi Spesial Saus Padang. Mari kita simak resep dan proses pembuatannya berikut ini... 


Resep Cumi Spesial Saus Padang

Bahan dan Bumbu :
• 1 kg cumi segar
• 2 buah bawang bombay
• 5 siung bawang merah
• 5 siung bawang putih
• 5 buah cabe merah besar
• 2 sct saus tiram
• 8 sdm saus tomat
• 2 gelas air 
• 1 bungkus penyedap rasa Royco
• 5 sdm mentega
• 2 batang daun bawang
• Air jeruk nipis secukupnya

Cara Memasak :
  1. Cumi di cuci bersih dan dikeluarkan lapisan merahnya agar tidak amis, kemudian di potong-potong lalu dilumuri dengan air jeruk nipis.
  2. Panaskan mentega lalu tumis bawang bombay, bawang merah, bawang putih, daun bawang dan cabe merah sampai harum.
  3. Masukkan cumi dan aduk hingga rata, tuang saus tomat dan saus tiram, lalu aduk lagi hingga rata semuanya. 
  4. Masukkan air kaldu (air ditambah dengan Royco), tunggu smpai mendidih.
  5. Jangan terlalu lama dalam memasak cumi supaya tidak alot. Cicipi rasanya, jika sudah pas angkat dan sajikan.
Sangat mudah bukan proses pembuatannya ??? Jika anda menginginkan porsi yang lebih sedikit atau lebih banyak, anda bisa mengganti jumlah takaran resep dari yang saya sajikan di atas. Semoga artikel sederhana dari Resep Cumi Spesial Saus Padang ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semua, khususnya penikmat kuliner seafood. Selamat mencoba di rumah yaa... Semoga hasilnya memuaskan. Happy cooking with Dapur Kurnia.... 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Cumi Spesial Saus Padang"

Post a Comment