Cara Mudah Membuat Wonton Goreng Isi Ikan

Cara Mudah Membuat Wonton Goreng Isi Ikan - Pernahkah anda makan bakso ? Coba perhatikan apa saja isi dari satu porsi bakso yang lengkap itu. Salah satu isinya adalah pangsit. Tahukah apa itu pangsit ??? Pangsit adalah makanan berupa daging cincang yang dibungkus lembaran tepung terigu. Setelah direbus sebentar, pangsit umumnya dihidangkan di dalam sup. Selain direbus, pangsit juga digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga seperti kerupuk. Pangsit (wonton) termasuk salah satu jenis dim sum.

Di Indonesia pangsit biasanya di goreng hanya bagian kulit pangsitnya saja tanpa isi. Berbagai makanan Indonesia yang memakai pangsit, misalnya : pangsit kuah, pangsit goreng, pangsit goreng kuah, mi pangsit, dan cwie mie. Pada hidangan mi pangsit kuah, pangsit sering dihidangkan terpisah dalam mangkuk kecil. Selain itu, pangsit biasanya juga disajikan bersama semangkuk bakso daging sapi. Kebanyakan bakso Malang menggunakan pangsit sebagai tambahan isi bakso.

Di negara China makanan sejenis pangsit ini di kenal dengan istilah wonton. Wonton di China sama dengan pangsit di Indonesia. Hanya saja, wonton ini di beri isian dengan beragam bahan makanan, seperti ikan, daging ayam, sayuran,dan lain sebagainya. Dalam pengolahannya pun wonton bisa disajikan dengan cara di goreng maupun di rebus. Wonton goreng biasanya di sajikan sebagai camilan yang dilengkapi dengan saus. Sementara wonton rebus biasanya disajikan bersama kuah, namun ada juga yang disajikan bersama saus tanpa pelengkap lainnya. 

Dalam artikel ini kita akan membahas Cara Mudah Membuat Wonton Goreng Isi Ikan, dimana proses pembuatan wonton ini menggunakan kulit pangsit yang di isi dengan ikan tongkol, kemudian di goreng dan disajikan bersama saus. Bahan yang kita gunakan disini sangat mudah, sederhana,dan yang pasti tersedia di sekitar kita. Begitu pula manfaatnya untuk kesehatan dapat ditemukan dalam masakan ini. Langsung saja kita simak resep dan proses memasaknya supaya kita bisa membuatnya sendiri di rumah. 

Baca juga : Resep Cara Membuat Martabak Manis Enak

Cara Mudah Membuat Wonton Goreng Isi Ikan

Bahan dan Bumbu Wonton Goreng Isi Ikan :
√ 10 lembar kulit pangsit
√ minyak untuk menggoreng
√ 100 gram ikan tongkol, dihaluskan
√ 50 gram udang giling
√ ¼ sdt bumbu ngohiong
√ ½ sdt minyak wijen
√ ¼ sdt garam
√ ¼ sdt merica bubuk
√ ¼ sdt gula pasir
√ 1 batang daun bawang, diiris halus
√ 50 ml air es

Bahan dan Bumbu untuk Saus :
√ 3 siung bawang putih, dicincang halus
√ 1 buah cabai merah besar, dicincang halus
√ ¼ sdt garam
√ ¼ sdt gula pasir
√ 2 sdm saus tomat
√ 2 sdm saus sambal
√ 150 ml air
√ ½ sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat Wonton Goreng Isi Ikan :
  1. Aduk ikan tongkol, udang yang sudah digiling, bersama dengan bumbu ngohiong, minyak wijen, merica, garam dan gula pasir kemudian tambahkan air es.
  2. Ambil satu lembar kulit pangsit dan sendokan isi, lipat menjadi dua bagian kemudian lipat menjadi bentuk segitiga
  3. Goreng ke dalam minyak yang sudah dipanaskan dan diatas api yang sedang
  4. Untuk membuat saus, tambahkan cabai dan bawang putih hingga harum
  5. Kemudian tambahkan saus sambal, saus tomat , gula dan garam hingga mendidih
  6. Terakhir sajikan wonton bersama dengan saus yang sudah dimasak. Wonton siap di santap. 
Seperti itulah proses atau Cara Mudah Membuat Wonton Goreng Isi Ikan. Dari artikel di atas, kita bisa mengganti isi wonton dengan bahan lain sesuai selera. Takaran yang tersaji dalam artikel pun bisa kita ubah sesuai porsi yang kita inginkan.  Semoga artikel di atas bisa bermanfaat dan menginspirasi para pembaca semua dalam membuat olahan makanan lainnya. Untuk resep masakan China lainnya bisa kunjungi di halaman Resep China .

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Wonton Goreng Isi Ikan"

Post a Comment