Resep Tahu Acar Khas Solo

Resep Tahu Acar Khas Solo - Banyak sekali masakan mancanegara yang merambah di tanah air Indonesia. Dengan adanya masakan mancanegara ini terkadang kita sempat melupakan masakan khas nusantara. Sebenarnya tidak salah lidah kita mencicipi masakan mancanegara. Akan tetapi, kita juga tidak boleh terlalu membiasakan lidah kita dengan masakan mancanegara yang akan membuat kita lupa dengan nikmatnya masakan dari tanah air kita sendiri. Seperti halnya dengan salah satu masakan yang satu ini. Rasanya sangat nikmat dan cara membuatnya pun tidak susah. Namun, semakin modern nya zaman maka masakan ini semakin langka di ranah nusantara. Nama masakan ini adalah Tahu Acar. Lidah Indonesia terutama daerah Jawa Tengah tentunya sudah sangat mengenal dengan masakan tersebut. Tahu Acar adalah makanan khas dari Solo yang mengkombinasikan berbagai bahan isian dengan siraman kuah yang bercitarasa asam menyegarkan. Isiannya terdiri dari mie (ada juga yang menggunakan mie goreng karena akan memberikan rasa gurih yang lebih menonjol), tahu goreng yang dipotong-potong dadu, kecambah, irisan kol dan tomat, acar mentimun, serta taburan kacang tanah goreng yang masih ada kulit arinya. Kuahnya memberikan rasa asam dari tomat yang dimasukkan ke dalamnya. Rasanya sebenarnya tak terlalu asam, karena juga ada sedikit tendangan rasa manis dari gula jawa/gula merah. Penasaran seperti apa bentuk dan rasanya ? Jangan khawatir !!! Artikel sederhana ini akan sedikit berbagi bagaimana cara membuat tahu acar. Nah mari kita simak dengan seksama Resep Tahu Acar Khas Solo di bawah ini :

Baca Juga : Cara Membuat Tea Shake Float
Resep Tahu Acar Khas Solo
Bahan - Bahan Tahu Acar Khas Solo :
-  4 buah tahu putih, potong dadu
-  ¼ kg tempe , potong-potong
-  ¼ kg mie kuning basah, seduh lalu tiriskan
-  200 gr kol, iris tipis
-  100 gram kecambah (tauge) , seduh lalu tiriskan
-  1 buah mentimun , potong dadu tipis 
-  100 gram tomat merah, iris tipis
-  Minyak goreng secukupnya

Bahan Kuah :
-  100 cc air, didihkan
-  50 cc kecap manis 
-  1 sdm cuka masak 
-  2 sdm awang merah goreng 
-  1 sdm minyak goreng 

Bumbu yang dihaluskan :
-  3 butir kemiri sangrai 
-  5 siung bawang putih 
-  ½ sdt merica 
-  ½ sdt garam
-  4 sdm gula merah sisir halus

Bahan Taburan dan Pelengkap :
-  100 gram kacang tanah goreng 
-  2 tangkai daun seledri, cincang halus
-  Acar mentimun secukupnya
-  Irisan cabe rawit secukupnya

Cara Membuat Tahu Acar Khas Solo :
  1. Panaskan minyak lalu ambil tahu dan tempe yang sudah dipotong-potong dan masak sampai agak matang. Angkat lalu tiriskan.
  2. Kuah : tumis bahan bumbu yang telah dihaluskan sampai mengeluarkan aroma sedap lalu tambahkan dengan air. Aduk merata dan biarkan airnya matang. Kemudian masukkan cabe rawit dan kecap manis, aduk merata dan biarkan kuahnya sampai sedikit menyusut lalu angkat.
  3. Setelah kuah yang dimasak mulai terasa hangat, selanjutnya campurkan bawang goreng dan cuka ke dalam kuah. Aduk hingga merata.
  4. Letakkan mie kuning yang sudah diseduh di atas piring bersama dengan potongan tahu dan tempe yang telah digoreng. Kemudian siramkan kuah yang telah dimasak di atas bahan-bahan yang sudah diletakkan di atas piring tersebut. Tahu acar  siap disajikan.
Demikian artikel singkat dari Resep Tahu Acar Khas Solo.  Semoga bisa memberi manfaat. Harapannya dengan membaca artikel ini, pembaca dapat berkreasi sendiri dengan bahan masakan yang ada di sekitar kita. Dalam pembuatan resep ini, penulis tidak menuntut untuk membuatnya sama persis dengan jumlah takaran bahan dan bumbu yang tertulis. Pembaca dapat menambahkan atau mengurangi takaran sesuai selera. Selam berkreasi dengan kreatifitas kalian semua yaa... Happy cooking... 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Resep Tahu Acar Khas Solo"