Resep Sop Buntut Sapi Sederhana

Resep Sop Buntut Sapi Sederhana - Berbagai jenis sop memang sudah familiar sekali di lidah masyarakat Nusantara. Sop buntut sapi salah satunya. Danging hewan yang satu ini bisa diolah menjadi berbagai macam olahan. Pernah makan daging yang berasal dari sapi ??? Bagian mana yang paling anda suka ??? Kalo penulis sih paling suka pada bagian ekornya, alias buntut sapi. Selain rasanya yang enak, bagian buntut sapi juga kaya akan kandungan gizinya. Berikut beberapa kandungan gizi yang terdapat pada buntut sapi. 

Kalori
100 gram buntut sapi mengandung 262 kalori. Namun perlu diketahui jumlah kalori setelah buntut sapi disajikan tergantung dari bagaimana cara buntut sapi tersebut dimasak.

Lemak & Kolesterol
Terdapat 14,34 gram total lemak dalam sajian 100 gram buntut sapi, 5,56 gram di antaranya adalah lemak jenuh. Jumlah kolesterol yang terkandung adalah 141 miligram. Semuanya masih dalam kadar normal cenderung rendah.

Sodium, Karbohidrat, Protein 
Ada 233 miligram sodium, 30,93 gram protein  dan tidak ada kandungan karbohidrat sama sekali dalam 100 gram buntut sapi. Ini membuat daging tersebut ternyata merupakan sumber protein baik.

Nutrisi Lain
10 miligram kalsium dan 3,6 miligram zat besi terkandung dalam 100 gram buntut sapi. Jadi secara keseluruhan, buntut sapi adalah makanan yang sehat karena tidak mengandung banyak kalori. Justru dapat menyumbang protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

Buntut sapi dapat digunakan sebagai bahan olahan yang beraneka ragam. Bagian tubuh sapi yang satu ini memiliki cita rasa tersendiri bagi penikmat kuliner. Salah satu masakan yang biasanya di olah dari buntut sapi adalah sop buntut sapi. Sop ini berbeda dengan sop-sop pada umumnya, karena sop ini menggunakan bahan dari buntut sapi yang tentunya membuat rasa menjadi spesial dan istimewa. Berikut rahasia membuat Resep sop buntut sapi sederhana :
Baca Juga :Resep Empal Gentong Khas Cirebon
Resep Sop Buntut Sapi Sederhana
Bahan dan Bumbu Sop Buntut Sapi  :
√ 750 gram buntut sapi, potong-potong 
√ 2 liter air untuk merebus
√ 3 batang daun bawang, potong - potong
√ 3 batang seledri
√ 70 gram wortel, iris melintang
√ 100 gram kentang, potong dadu
√ 1 buah tomat, iris 8 bagian
√ 3 cm kayu manis
√ 2 butir cengkeh
√ 5 siung bawang putih, memarkan
√ 1 butir biji pala, pecahkan
√ 2 sdt garam
√ 1 sdt lada bubuk
√ Bawang goreng untuk taburan

Cara Membuat Sop Buntut Sapi :
  1. Cuci bersih potongan buntut sapi, lalu rebus dengan air dalam panci selama 15 menit hingga mendidih. Angkat, buang air perebusnya. Siram buntut sapi dengan air dingin.
  2. Rebus kembali buntut dengan air dingin hingga mendidih, tambahkan kayu manis, cengkeh, bawang putih, dan biji pala.
  3. Setelah buntut sapi empuk, ukur kaldunya hingga 1 liter, panaskan kembali di atas api. Masukkan wortel dan kentang, masak hingga matang. Tambahkan daun bawang, seledri, tomat, garam, lada. Aduk dan masak hingga wortel dan kentang matang.
  4. Tuangkan sop buntut ke dalam mangkok saji, taburi dengan bawang goreng dan hidangkan dalam keadaan hangat.
Daging sapi juga bisa diolah menjadi berbagai macam masakan, tidak hanya menjadi sop buntut sapi saja namun bisa di jadikan abon sapi, rendang sapi dan lain sebagainya. Selamat mencoba semoga berhasil dengan takaran rasa yang pas. Happy Cooking.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Sop Buntut Sapi Sederhana"

Post a Comment