Cara Membuat Es Dawet Ireng

Cara Membuat Es Dawet Ireng - Siapa yang tidak mengenal es dawet, makanan khas Indonesia ini??? Tentu kita sudah sangat familiar sekali yaa dengan es yang satu ini. Es dawet isa kita jumpai di sekitar kita. Es dawet adalah minuman yang sangat menyegarkan. Semangkuk es dawet biasanya disajikan dengan berbagai campuran seperti santan, gula merah, tape, mutiara, agar-agar maupun janggelan. Minuman ini menjadi beberapa ciri khas menu daerah seperti es dawet khas Banjarnegara, Purworejo hingga Solo. Bahkan sebenarnya beberapa daerah juga mengenal es dawet karena ada banyak perantau dari daerah asal yang menjual es dawet. Tapi es dawet tidak hanya menyegarkan saat musim panas, ternyata es dawet juga menjadi minuman yang sehat dan memiliki banyak manfaat.

Kandungan Gizi Es Dawet Ireng : 
Bahan dawet yang digunakan untuk membuat es dawet biasanya terbuat dari beberapa campuran tepung. Ada beberapa daerah yang menggunakan tepung sagu dan tepung beras. Dawet memiliki karakteristik rasa kenyal, lembut dan mengenyangkan. Es dawet bisa disajikan dengan beberapa campuran yang menyegarkan maupun hanya dawet murni saja. Kandungan gizi es dawet adalah sebagai berikut:
Kandungan /100 gram Jumlah
Protein : 11,35 gr
Lemak : 13,9 gr
Karbohidrat : 175 gr
Fosfor : 220 mg
Kalsium : 160 mg
Zat Besi : 2 mg
Vitamin C : 1,9 mg

Es dawet ternyata tidak hanya menyegarkan diminum saat musim panas. Es dawet yang memiliki rasa manis dan gurih dari campuran santan ternyata juga mengandung berbagai manfaat untuk tubuh dan kesehatan tubuh. Bagi anda yang ingin mencoba membuat es dawet, penulis akan memberikan resep dan cara pembuatannya secara detail. Disini penulis memberi resep untuk es dawet ireng. Mengapa disebut es dawet ireng ? Karena warna dari es dawet ini adalah agak hitam, lain dari es dawet yang biasanya. Warna hitam yang dihasilkan ini berasal dari abu merang yang diendapkan dalam air. Nahh sekarang simak baik - baik yaa prosesnya Cara Membuat Es Dawet Ireng :

Baca Juga :Resep Sop Buntut Sapi
Cara Membuat Es Dawet Ireng
Bahan Dawet Ireng (cendol) :
  • 120 gram tepung beras 
  • 100 gram tepung tapioka/sagu 
  • 1,5 liter air
  • 10 sdm abu merang ( dilarutkan dengan 200 ml air, andapkan atau saring dengan saringan halus, sisihkan )
  • 2 sdt garam 
Bahan Sirup :
  • 500 gram gula merah, di sisir halus
  • 4 lembar daun pandan 
  • 500 ml air
Bahan Kuah Santan :
  • 1 liter santan dari 2 butir kelapa
  • 4 lembar daun pandan 
  • ½ sdt garam 
Bahan Pelengkap :
  • Nangka ( dipotong-potong kecil )
  • Es batu atau Es serut  sesuai selera 
Cara membuat Es Dawet Ireng:
Proses pembuatannya secara bertahap. Pertama yaitu kita akan membuat dawet ireng (cendol), kemudian sirup dawet, dan yang terakhir kuah santan nya. 
  1. Dawet Ireng (cendol) : Pertama campurkan tepung beras, tepung sagu, dan air abu merang dalam wadah hingga merata. Masukkan air lalu larutkan campuran bahan hingga merata. Selanjutnya rebus adonan dengan menggunakan api sedang sambil terus diaduk hingga adonan mengental. Apabila adonan sudah meletup-letup segera matikan kompor, angkat. Setelah itu tuang adonan ke dalam cetakan cendol yang diletakkan diatas baskom berisi air es. Tekan-tekan adonan sampai cendol atau dawet ireng berjatuhan ke dalam air es, lakukan hingga adonan habis. saring dawet yang sudah jadi, kemudian masukkan kedalam air matang dingin.
  2. Sirup Dawet : Didihkan semua bahan sirup diatas dengan menggunakan api sedang hingga kental, aduk rata.
  3. Kuah Santan : Rebus bahan kuah santan dengan menggunakan api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih dan santan matang.
  4. Penyajian : Siapkan mangkuk atau gelas saji, lalu isi dengan Dawet Ireng, santan, dan sirup gula merah secukupnya atau sesuai selera. Bisa juga disajikan bersama bahan pelengkap seperti potongan buah nangka dan Es Batu atau Es Serut sesuai selera. Es Dawet Ireng siap di santap. 
Es dawet ireng lebih lengkap rasanya bila di sajikan dengan cemilan. Sangat luar biasa bukan? Hal yang sederhana bisa membuat cita rasa yang begitu nikmat tanpa membuat kantong kita menjadi bolong.. hehhheheee..... Selamat mencoba. Happy Cooking.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Es Dawet Ireng"

Post a Comment