Resep Arancini Cheesy Rice Balls

Resep Arancini Cheesy Rice Balls - Mungkin bagi anda masakan yang satu ini terdengar asing. Namun bagi penggemar kuliner Eropa, masakan ini sudah sangat populer. Sebenarnya masakan ini tidak asing di lidah kita, terutama orang Indonesia. Karena, masakan ini berbahan dasar dari makanan pokok kita sehari-hari, yaitu nasi. Nama masakan ini adalah Arancini. Arancini adalah camilan bulat yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan tepung roti, telur yang diisi dengan daging cincang serta keju mozzarella. Bagian luarnya terasa garing dan renyah karena dimasak dengan cara digoreng sementara bagian dalamnya terasa empuk dan melted karena ada keju leleh di dalamnya. Arancini biasanya disantap bersama dengan saus pendamping seperti saus tomat atau napoleon.
Arancini memiliki banyak varian rasa. Rasa yang banyak ditemui adalah arancini Con Raga yang terdiri dari daging, saus tomat, beras, dan keju mozzarella. Sementara varian lainnya adalah Con Burro (mentega), Con Funghi (jamur), Con Pistacchi (kacang pistachio), dan Con Melanzane (terung). Arancini yang lebih dikenal di dunia internasional dengan nama rice balls ini serupa dengan kroket yang sudah familiar lidah Indonesia. Bedanya jika arancini menggunakan nasi sebagai bahan utama, kroket menggunakan kentang sebagai bahan utama. Meski begitu keduanya sama-sama memiliki tingkat karbohidrat yang tinggi sehingga mengenyangkan untuk sekadar dijadikan camilan. Berikut saya sajikan Resep Arancini Cheesy Rice Balls.
Baca Juga : Cara Membuat Es Dawet Ireng
Resep Arancini Cheesy Rice Balls
Bahan dan Bumbu Arancini Cheesy Rice Balls :
  • 1 piring nasi
  • 2 butir telur
  • 2 buah wortel, parut
  • 1 potong keju cheddar, sebagian diparut, sisanya potong dadu untuk isian nasi
  • 1 sdm butter/blueband
  • Garam, merica, oregano (bisa ganti parsley, seledri cincang)secukupnya 
  • Tepung panir secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng
Cara Membuat Arancini Cheesy Rice Balls:
  1. Lembutkan nasi dengan cara tekan-tekan dengan sendok atau di blender hingga nasi lembut.
  2. Campur dalam wadah : nasi, wortel parut, keju parut, blueband, garam, merica, oregano/parsley/seledri, kemudian cicipi rasanya.
  3. Buat kepalan nasi dengan tangan, gepengkan, isi dengan potongan keju, bulatkan kembali.
  4. Bulatan nasi dimasukkan ke dalam telur kocok, kudian gulingkan ke dalam tepung panir. Simpan di kulkas sebentar agar tepung melekat erat.
  5. Panaskan minyak, lalu kecilkan api. Goreng bola-bla nasi hingga matang berwarna kecokelatan.  Sajikan dalam piring dan beri pelengkap saus. 
Penyajian bisa di tambahkan dengan berbagai lalapan. Bila kurang bisa ditambahkan lagi bahan - bahannya. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Untuk dapat mengetahui berbagai macam resep masakan, sudah banyak tersedia di halaman resep dapur kurnia. Demikian artikel masakan Arancini Cheesy Rice Balls yang bisa saya rekomendasikan semoga bermanfaat. Happy Cooking.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Arancini Cheesy Rice Balls"

Post a Comment