Resep Empal Gentong Khas Cirebon

Resep Empal Gentong Khas Cirebon - Masih asing dengan nama makanan ini ??? Tentunya tidak lah yaa... Ini kan makanan asli Indonesia. Empal gentong adalah makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai (gule) dan dimasak menggunakan kayu bakar (pohon mangga) di dalam gentong (periuk tanah liat). Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. Empal gentong berasal dari Kabupaten Cirebon. Makanan khas cirebon lainya masih ada lagi yaitu tahu gejrot dan docang.
Selain menggunakan kayu bakar dan gentong, makanan ini disajikan menggunakan kucai (Allium tuberosum) dan sambal berupa cabai kering giling. Empal gentong dapat disajikan dengan nasi atau juga lontong. Lontong menurut orang Cirebon hanyalah beras yang dimasukan kedalam daun pisang yang sudah dibentuk silinder, tidak ada campuran lainnya, kemudian direbus selama 4 jam.

Baca Juga : Resep Mie Kocok
Resep Empal Gentong Khas Cirebon
Empal gentong ini sangat pas disantap ketika dalam keadaan hangat. Naahh bagi yang belum pernah mencicipinya, kita bisa memasaknya sendiri dirumah. Berikut adalah Resep Empal Gentong Khas Cirebon sebagai berikut :

Bahan Utama Empal Gentong Khas Cirebon:
√ 450 gram daging empal atau jeroan kambing/sapi
√ 450 ml santan  sedang (tidak terlalu kental) 
√ 1 liter air untuk merebus daging

Bumbu yang dihaluskan :
√ 4 siung bawang putih
√ 6 siung bawang merah
√ 5 butir kemiri sangrai
√ 1 sdm ketumbar sangrai
√ 1 sdt merica butiran
√ 3 ruas kunyit
√ 2 ruas jahe
√ 1 batang serai (ambil putihnya)
√ ¼ sdt jinten
√ 3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu lainnya :
√ 1 sdm garam
√ 3 sdm air asam jawa
√ 5 lembar daun jeruk purut
√ 5 lembar daun salam
√ 3 ruas lengkuas, memarkan
√ 3 sdm gula jawa, sisir halus
√ 5 butir cengkeh
√ 1 batang kayu manis
√ 3 buah kapulaga
√ 2 buah kembang lawang

Pelengkap :
√ 2 batang daun bawang, iris halus
√ 1 ikat daun kucai, iris halus
√ bawang merah goreng secukupnya
√ cabai bubuk atau cabai rawit yang ditumbuk halus
√ 1 buah jeruk nipis, di iris tipis
√ kerupuk secukupnya 

Langkah - langkah Membuat Empal Gentong Khas Cirebon:
  1. Siapkan jeroan yang sudah dicuci hingga bersih, potong-potong ukuran 2 x 2 cm. Sisihkan.
  2. Panaskan 1 sdm minyak ke dalam panci yang akan digunakan untuk memasak empal. Tumis jeroan sambil di aja duk-aduk hingga permukaannya tampak berubah menjadi kecoklatan. 
  3. Jeroan akan mengeluarkan minyak yang banyak, jika minyak terasa kurang tambahkan 2 sdm minyak dan panaskan hingga benar-benar panas sebelum digunakan untuk menumis bumbu. 
  4. Masukkan bumbu halus, tumis hingga harum dan matang. Tambahkan rempah daun dan semua bumbu lainnya. Tumis hingga bumbu rempah layu.
  5. Tuangkan sekitar 450 ml air, masak hingga empal dan jeroan menjadi empuk dan matang. Jika daging belum empuk sementara air menjadi berkurang, tambahkan 450 ml air kembali dan masak hingga daging benar-benar empuk. Usahakan kuah di panci tersisa sekitar 500 ml. Jika kuah habis digunakan untuk merebus daging, tambahkan sekitar 200 ml air. 
  6. Masukkan santan, gula, garam dan air asam jawa. Rebus dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga santan mendidih dan matang. Jaga jangan sampai santan tidak pecah. Santan yang matang akan mengeluarkan aroma yang harum, berminyak permukaannya dan berwarna lebih gelap. Saat dirasa maka kuah terasa tidak cemplang atau mentah. 
  7. Cicipi rasanya, sesuaikan gula dan garam. Angkat dan taburi dengan daun bawang, kucai dan bawang merah goreng . Sajikan bersama bahan pelengkap lainnya. 
Mudah bukan cara membuatnya? Jika ingin menambahkan rasa yang berbeda cukup ditambahkan bahan yang sesuai keinginan kita. Selamat mencoba Resep Empal Gentong Khas Cirebon. Happy Cooking.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Empal Gentong Khas Cirebon"

Post a Comment