Cara Membuat Garang Asem Ayam Khas Solo & Kudus

Cara Membuat Garang Asem Ayam Khas Solo & Kudus - Banyak sekali masakan nusantara yang begitu familiar di telinga kita. Namun, tidak sedikit pula masih ada berbagai masakan nusantara yang belum dikenali oleh masyarakat.  Dengan bahan dan bumbu khas masing-masing masakan, tentunya setiap masakan memberikan cita rasa yang berbeda-beda. Selain itu, bentuk dan cara penyajiannya pun sangat beragam. Seperti salah satu masakan ini, tentunya sangat familiar bagi kita. Masakan dengan bahan dasar daging ayam yang disiram dengan kuah santan dan disajikan dalam bungkusan daun pisang ini memiliki aroma dan cita rasa yang khas dan sangat nikmat tentunya. Nama masakan ini adalah Garang Asem.
Garang asem merupakan makanan tradisional khas Jawa Tengah. Garang asem adalah masakan olahan ayam berkuah santan yang dimasak menggunakan daun pisang dan didominasi oleh rasa asam dan pedas. Beberapa kota di provinsi Jawa Tengah memiliki makanan tradisional ini. Antara lain Semarang, Demak, Kudus, Pati, dan Pekalongan. Garang asem biasa disajikan sebagai lauk pendamping nasi, ditambah dengan tusukan ayam asam manis, tempe goreng, dan perkedel. Bahan utamanya adalah ayam ukuran sedang, sekitar 750 gram – 1kg. Ayam yang digunakan biasanya ayam potong, tetapi kalau lebih suka ayam kampung juga bisa digunakan. Untuk potongan, disesuaikan dengan selera, tetapi untuk hasil maksimal sebaiknya antara 14 – 24 potong. Adapun Cara Membuat Garang Asem Ayam Khas Solo & Kudus adalah sebagai berikut.
Baca Juga : Resep Lamien Ayam Panggang

Cara Membuat Garang Asem Ayam Khas Solo & Kudus
Bahan Membuat Garang Asem Ayam Khas Solo & Kudus:
  • 1 kg daging ayam, potong-potong 
  • 6 buah cabai hijau ukuran besar
  • 20 buah cabai rawit
  • 10 siung bawang merah
  • 6 siung bawah putih ukuran sedang
  • Kencur, jahe,kemiri dan ketumbar secukupnya
  • 250 gram buah belimbing wuluh
  • 4 lembar daun salam 
  • Lengkuas secukupnya,memarkan
  • 1 liter santan kental, dari 1 buah kelapa ukuran besar
  • garam dan gula sesuai selera
  • 5 buah tomat, masing-masing di potong menjadi 4 bagian
  • Segenggam daun kemangi 
  • Daun pisang secukupnya untuk membungkus

Cara Membuat Garang Asem Ayam Khas Solo & Kudus :
  1. Semua bahan bumbu (bawang merah, bawang putih, kencur jahe, ketumbar dan kunyit) dihaluskan menjadi satu.
  2. Letakkan ayam yang sudah di potong sesuai selera ke dalam tempat yang cukup besar. Masukkan bumbu halus di atas, ratakan di permukaan ayamnya. Masukkan garam dan gula, lumurkan bumbu – bumbu tersebut ke daging ayam. Jangan gunakan tenaga terlalu besar sehingga tidak merusak daging nya.
  3. Hidupkan wajan besar dengan api sedang. Masukkan semua bahan di atas. Setelah itu, masukkan buah belimbing wuluh yang sudah di potong, cabe rawit, cabai hijau, dan santan sedikit demi sedikit. Aduk secara perlahan secara merata sampai daging dirasa cukup empuk.
  4. Siapkan daun pisang yang sudah dibersihkan. Potong ukuran sedang. Kasih daun kemangi dan tomat di alas daun, taburi dengan ayam plus sedikit kuah yang sudah masak diatas.
  5. Bungkus dengan rapi menggunakan tusuk gigi atau lidi supaya aman. Kemudian kukus dengan api sedang kurang lebih 35 sampai 45 menit. Setelah matang, angkat dan sajikan garang asem. 
Semoga artikel sederhana mengenai Cara Membuat Garang Asem Ayam Khas Solo & Kudus dapat bermanfaat dan bisa dijadikan referensi untuk masakan di rumah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Garang Asem Ayam Khas Solo & Kudus"

Post a Comment