Resep Tahu Pong isi Sayur Spesial Sambal Bawang

Resep Tahu Pong isi Sayur Spesial Sambal Bawang - Tahu adalah makanan khas nusantara yang berbahan baku dari kedelai. Tahu merupakan produk pangan yang dihasilkan dari kedelai yang dihaluskan hingga menjadi jus dan diperas dari kacang kedelai. Ekstrak kedelai kemudian dipadatkan atau dicetak sesuai ukuran. Nilai gizi tahu Tahu adalah makanan rendah kalori namun tinggi protein. Tahu adalah sumber yang baik dari berbagai mineral,  seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor,  seng, kalium. Vitamin pada tahu seperti  vitamin D, A, B6, C, thiamin, riboflavin, niasin, dan asam folat.

Jenis - jenis tahu sangat beragam, salah satunya adalah Tahu Pong. Secara harfiah, Tahu Pong memiliki arti “tahu kopong” atau tahu kosong. Secara tekstur, tahu tidak dibuat padat seperti tahu pada umumnya, sehingga Tahu Pong memiliki rongga pada bagian tengah. Maka dari itu, tahu ini diberi nama Tahu Pong. Tahu Pong termasuk makanan kecil atau camilan yang dapat dinikmati kapanpun. Sebagai teman makan Tahu Pong, biasanya tahu ini dihidangkan bersama cabe rawit dan sambal kecap/sambal petis. Akan tetapi, disini saya mencoba membuat tahu pong dengan pelangkap sambal bawang. Selain itu, tahu pong yang satu ini saya kreasikan dengan memberi isian berupa sayuran di dalamnya. 
Berikut adalah Resep Tahu Pong isi Sayur Spesial Sambal Bawang dengan pelengkap sambal bawang.

Baca Juga : Roti Dori Katsu Japanese
Resep Tahu Pong isi Sayur Spesial Sambal Bawang
Bahan Tahu Pong isi :

√ 10 buah Tahu Pong
√ 1 butir Telur Ayam
√ 1 sdt Garam
√ ½ sdt Lada Bubuk
√ 400 ml Minyak Goreng
√ 50 gram Wortel
√ 1 batang Daun Bawang

Bahan sambal bawang :

√ 4 buah cabai rawit
√ 2 buah cabai merah
√ 3 siung bawang putih
√ 2 butir bawang merah
√ garam secukupnya 

Cara Membuat Tahu Pong isi Sayur Spesial Sambal Bawang:
  1. Parut wortel dan iris halus daun bawang. Kemudian campur keduanya bersama telur dan aduk rata, bumbui dengan garam dan lada halus.
  2. Belah tahu pong tapi jangan sampai terputus.
  3. Keluarkan tahu dari dalam tahu pong dan campurkan ke dalam adonan, balik kulit tahu pong sehingga bagian dalam menjadi di luar.
  4. Masukkan adonan isi ke dalam tahu pong.
  5. Goreng tahu pong di atas api sedang hingga kecoklatan, usahakan tahu menutup sehingga adonan isi tidak keluar. Angkat dan tiriskan, sajikan hangat.
  6. Untuk sambal bawang, semua bahan tinggal dihaluskan dan sajikan dalam wadah lain. Masakan siap disantap.
Sekian dulu resep untuk hari ini, semoga bermanfaat dan bisa membantu bunda yang lagi memasak di dapur. Happy Cooking.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Tahu Pong isi Sayur Spesial Sambal Bawang"

Post a Comment