Resep Sup Iga Sapi Asam Pedas

Resep Sup Iga Sapi Asam Pedas - Bagian sapi manakah yang paling anda sukai dagingnya untuk dikonsumsi ? Kepala, ekor, iga, jeroan, atau kaki ? Tentu setiap orang memiliki selera sendiri-sendiri lah yaa.... Nah untuk kali ini, saya akan membahas sedikit tentang iga sapi. Apa sih iga sapi itu ? Bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan? Daging Iga Sapi atau rib adalah bagian daging sapi yang berasal dari daging di sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Daging iga sapi mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh diantaranya adalah:
1. Protein 
Iga mengandung 7 gram protein per 3½-oz. Protein mencegah osteoporosis bila dikombinasikan dengan kalsium dan vitamin D. Rendah protein vitamin diet menurunkan efisiensi usus dan menyebabkan kegagalan untuk menyerap kalsium yang cukup. Iga sapi menyediakan protein dan kalsium bersama-sama, selama Anda merebus tulang dengan cairan diasamkan, seperti air dicampur dengan jus lemon, anggur atau cuka, untuk membantu melepaskan kalsium dari matriks tulang.
2. Kalsium 
Selain mencegah osteoporosis, kalsium bekerja sama dengan kalium, natrium dan magnesium untuk mengontrol fungsi jantung dan tekanan darah. Selain itu Iga Sapi juga mengandung zat besi (480,7 mg) dan fostor (3,1 mg). Oleh sebab itu, mengkonsumsi iga sapi dalam jumlah tertentu sangat berkhasiat bagi tubuh.
3. Zat Besi
Adanya zat besi memungkinkan manusia memproduksi hemoglobin dan myoglobin dalam sel darah merah dan mengikat oksigen dari paru-paru lalu membagikannya ke seluruh jaringan tubuh. Ada dua macam zat besi yang aktif dalam tubuh manusia, yaitu heme-iron dan non-heme iron. Heme-iron umumnya berasal dari daging hewani, ikan dan jeroan sedangkan non-heme iron berasal dari tumbuh-tumbuhan, raisin serta makanan yang diperkaya oleh suplemen vitamin dan Mineral. Zat besi juga menjadi komponen penting dalam otot dan membantu laju pertumbuhan sel-sel tubuh. Zat besi, tidak seperti kalsium, 100% berasal dari sumber luar dan tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh.

Nah itulah sekilas tentang daging iga sapi.  Daging iga sapi ini bisa di olah menjadi berbagai macam masakan seperti sup, steak, iga bakar, dan masih banyak lagi. Disini saya akan berbagi resep dari bahan dasar iga sapi yang dibuat olahan menjadi Sup Iga Sapi Asam Pedas. Mari kita simak Resep Sup Iga Sapi Asam Pedas sama - sama...

Resep Sup Iga Sapi Asam Pedas
Bahan dan Bumbu Sup Iga Sapi Asam Pedas :

• ½ kg daging iga sapi, potong - potong
• 700 ml air
• 2 sdt garam
• 4 siung bawang putih, iris tipis
• 7 butir bawang merah, iris tipis
• ½ sdt lada bubuk
• 1 sdm asam jawa, bakar hingga agak kecokelatan 
• 3 sdm kecap manis
• 4 buah tomat, belah menjadi 4 bagian 
• 7 buah cabai rawit merah 
• 3 cm jahe, digeprek
• 3 cm kunyit, iris tipis
• 2 cm lengkuas, digeprek
• 1 batang serai, digeprek

Cara Membuat Sup Iga Sapi Asam Pedas :
  1. Cuci bersih iga sapi, lalu tiriskan. 
  2. Didihkan air bersama dengan bawang merah, bawang putih, dan semua bumbu yang lain hingga mendidih.
  3. Masukkan iga sapi, kecap dan asam jawa. Masak dengan api kecil hingga daging iga sapi empuk. 
  4. Tambahkan tomat dan cabai, lalu rebus hingga lunak. Angkat dan sajikan dalam mangkuk selagi hangat. 
Bagaimana, tidak susah kan ? Nah untuk jumlah cabai dan asam jawa nya tidak perlu seperti resep diatas. Bisa memilih jumlah yang sesuauu dengan tingkat kepedasan dan keasaman yang diinginkan. Demikian artikel Resep Sup Iga Sapi Asam Pedas yang begitu sedap dan nikmat. Selamat mencoba!!!  Semoga berhasil !!!  


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Sup Iga Sapi Asam Pedas"

Post a Comment