Resep Kue Bolu Keju

Resep Kue Bolu Keju - Banyak sekali makanan yang menggunakan kombinasi bersama keju, karena keju sangat baik untuk kesehatan. Keju terbuat dari bahan baku susu, baik itu susu sapi, kambing atau kerbau. Keju berasal dari wilayah Timur Tengah, lebih tepatnya di wilayah sekitar perbatasan antara Irak, Syria dan Turki pada masa sekarang. Keju ditemukan secara tidak sengaja. Susu yang terlalu lama disimpan dalam kantong-kantong yang terbuat dari lambung domba atau hewan ternak lain yang dikeringkan dan terkena matahari langsung berubah menjadi air yang pucat dan gumpalan-gumpalan putih, serta mengubah susu tersebut menjadi keju yang dikenal saat ini.

Keju merupakan salah satu makanan favorit. Keju bisa dikombinasikan secara langsung, dijadikan toping untuk berbagai makanan maupun dicampur dengan makanan lain. Keju mengandung banyak nutrisi yang hampir sama dengan kandungan nutrisi pada susu. Dalam satu pon keju, terdapat kandungan nutrisi yang sama dengan satu gallon susu. Berikut kandungan gizi yang terdapat pada keju:
1. Protein 
Keju mengandung protein yang cukup tinggi, bahkan jika mengonsumsi keju sebanyak 100 gram maka akan mampu mencukupi 25% dari kebutuhan protein tubuh. Selain itu keju juga mengandung asam amino yang lengkap, sehingga berperan dalam sintesis protein untuk pembangun jaringan otot, metabolisme sel-sel tubuh, dan tulang.
2. Mineral 
Mineral yang terkandung dalam keju antara lain kalsium, fosfor dan seng. Kandungan kalsium pada setiap keju tidaklah sama. Tergantung pada proses penggumpalan pada keju. Keju yang digumpalkan menggunakan enzim akan memiliki kandungan kalsium lebih besar dua kali lipat daripada keju yang digumpalkan menggunakan asam.
3. Vitamin 
Keju juga mengandung beberapa vitamin, seperti Vitamin A, Vitamin D, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6 dan Vitamin B12.
4. Laktosa 
Laktosa pada keju hanya sebesar 4,5% sampai 7,5%.

Ada banyak jenis keju yang beredar di pasaran, tetapi hanya beberapa jenis saja yang dikenal oleh masyarakat Indonesia. Antara lain keju cheddar, keju parmesan, dan keju mozzarella. Keju paling banyak dikombinasikan dalam pembuatan kue. Seperti resep yang satu ini, kita akan membuat kombinasi keju yang diolah bersama  bolu. Nama makana ini adalah Kue Bolu Keju. Yuk kita simak Resep Kue Bolu Keju nya :

Resep Kue Bolu Keju

Bahan - Bahan Kue Bolu Keju :
  • 400 gram tepung terigu
  • 10 butir telur
  • 300 gram gula
  • 2 sdm tepung maizena
  • 4 sdm susu bubuk
  • 2 saset susu kental manis putih, di seduh dgn air 300 ml
  • 6 sdm keju parut
  • 2 sdt sp
  • 1 sdt bp
  • 14 sdm minyak goreng
  • Garam dan vanili secukupnya

Cara Membuat Kue Bolu Keju :
  1. Campurkan tepung  terigu, susu bubuk, bp dan vanili. Ayak merata kemudian sisihkan.
  2. Dalam wadah yang berbeda, masukkan gula, telur, sp, dan garam di kocok menggunakan mixer hingga mengembang.
  3. Masukan keju parut, tepung maizena, susu kental manis, dan ayakan tepung terigu tadi secara bergantian 
  4. Siapkan loyang yang sudah di olesi minyak goreng, lalu tuangkan adonan kedalamnya. 
  5. Kukus dengan api sedang selama 30 menit. Angkat dan sajikan bersama taburan keju parut diatasnya. 

Nikmatilah Kue Bolu Keju selagi hangat. Sediakan teh hangat sebagai pelangkap, dijamin rasanya nikamt tiada tara. Demikian artikel Resep Kue Bolu Keju yang bisa saya sampaiakan. Jika sahabat kurnia mempunyai resep yang bagus bisa ditambahkan di kolom komentar di bawah ini. Selamat mencoba. Happy Cooking.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Kue Bolu Keju"

Post a Comment