Resep Chicken Crispy Saus Asam Manis

Resep Chicken Crispy Saus Asam Manis - Ayam atau chicken (dalam bahasa inggris) merupakan salah satu hewan unggas yang sangat populer di dunia. Kebanyakan masyarakat memanfaatkan daging dan telurnya untuk kebutuhan sehari-hari, yaitu terutama dalam hal makanan. Daging ayam memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Menurut USDA, 100 g ayam mengandung air (65 g), energi (215 kkal), protein (18 g), lemak (15 g), lemak jenuh (4 g), kolesterol (75 mg), kalsium (11 mg), besi (0,9 mg), magnesium (20 mg), fosfor (147 mg), kalium (189 mg), natrium (70 mg), dan seng (1,3 mg). Di antara vitamin dalam daging ayam antara lain vitamin C, vitamin B1 (hiamin), riboflavin, niacin, vitamin B-6(pyridoxamine), folat, vitamin B-12, vitamin A, vitamin E (tocopherol), vitamin D dan vitamin K.

Banyak sekali olahan makanan yang menggunakan bahan dari daging ayam. Selain manfaatnya yang begitu banyak untuk kesehatan tubuh, daging ayam juga memiliki rasa yang enak. Daging ayam juga mudah dalam pengolahannya. Sehingga, banyak masyarakat yang menyukai daging ayam sebagai kombinasi untuk jenis olahan makanan yang beragam. Seperti resep yang satu ini, saya akan membuat masakan dari bahan dasar ayam. Berikut Resep Chicken Crispy Saus Asam Manis, silahkan mencoba.

Resep Chicken Crispy Saus Asam Manis
Bahan dan Bumbu Chicken Crispy Saus Asam Manis :
√ 1 ekor ayam, potong - potong
√ 4 siung bawang putih
√1 ruas jahe
√ garam secukupnya 

Bahan Saus Asam Manis :
√ 4 siung bawang putih
√ 3 butir bawang merah 
√ 1 buah bawang bombay
√ 1 buah tomat
√ 1 batang daun bawang
√ Lada secukupnya
√ Garam secukupnya
√ Saus tomat secukupnya 
√ Kecap secukupnya
√ 1 bungkus penyedap rasa ayam (saya menggunakan royko) 
√ Maizena secukupnya

Bahan Kulit Chicken crispy :
√ 6 sdm tepung terigu
√ 3 sdm tepung sagu
√ 2 sdm tepung kobe
√ 1 butir telur
√ 3 sdm air
√ Garam secukupnya 

Cara Membuat Chicken Crispy Saus Asam Manis :
  1. Haluskan semua bumbu, kemudian campurkan bumbu dan ayam. Setelah tercampur rata, masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit hingga 1 jam. Sisihkan.
  2. Setelah itu, mulai buat lapisan kulit ayamnya. Campurkan semua tepung dan garam, aduk hingga rata. Pecahkan telur di wadah yg terpisah, kocok dan campurkan air kedalam telur, lalu kocok kembali. Sisihkan.
  3. Ambil kembali ayam yang sudah 30 menit di dalam kulkas. Masukkan ayam ke dalam campuran tepung, lalu celupkan ke dalam telur dan masukkan kembali ke dalam tepung. Ratakan hingga ayam tertutup dengan tepung secara sempurna. Setelah itu goreng ayam hingga matang dan tiriskan. 
  4. Kemudian mulai buat sausnya. Haluskan lada, bawang merah, bawang putih dan tomat. Tumis hingga harum lalu masukkan air, kecap, saus tomat, garam dan royco. Rebus hingga mendidih.
  5. Setelah mendidih, masukkan bawang bombay, daun bawang dan maizena yang sudah di campur dengan sedikit air. Didiihkan kembali hingga saus mengental.
  6. Letakkan ayam dalam piring, lalu siram dengan saus asam manisnya. Bisa juga sausnya dipisahkan dalam wadah tertentu. Sajikan Chicken crispy saus asam manis bersama dengan nasi. 
Demikian Artikel Resep Chicken Crispy Saus Asam Manis dan sekaligus tips membuatnya. Untuk bunda yang hobi memasak kue, bisa di klik Resep Vanilla Rainbow Cake.  Selamat mencoba dan happy cooking.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Chicken Crispy Saus Asam Manis"

Post a Comment