Resep Vanilla Rainbow Cake

Resep Vanilla Rainbow Cake - Resep Rainbow Cake lagi ????? Penulis ngga bosen apa??? Eehhh jangan salah. Kali ini penulis akan membuat rainbow cake dengan rasa dan aroma vanilla. Beda lhoh dengan rainbow cake sebelumnya... Sebelum ke resepnya, penulis akan sedikit mengulas tentang vanilla. Apa sih vanilla itu sebenarnya ???? Vanilla adalah pemberi rasa yang dihasilkan dari tanaman genus Vanilla, terutama Vanilla planifolia. Kata "vanilla"diturunkan dari bahasa Spanyol, vaina yang memiliki arti "polong", karena bentuk buah vanila adalah polong. Tumbuhan ini pertama kali dibudidayakan oleh masyarakat Aztec Mesoamerika yang menyebut tanaman ini dengan nama tlilxochitl. Hernán Cortés membawa vanilla bersama dengan cokelat ke Eropa pasca penjelajahannya di benua Amerika. Vanilla oleh masyarakat Mesoamerika digunakan sebagai salah satu bumbu utama bagi minuman cokelat.

Vanila tumbuh sebagai tumbuhan merambat yang membutuhkan tumbuhan lain atau tiang sebagai tempatnya merambat. Di Reunion, tumbuhan ini dipelihara bersama dengan pemeliharaan hutan (wanatani) dan secara alami tumbuhan ini membutuhkan sedikit cahaya matahari. Sehingga di perkebunan terbuka, tumbuhan ini membutuhkan tabir untuk mengurangi sedikit cahaya matahari. Ekstrak vanilla didapatkan dari setiap bagian dari buah, dari kulit sampai bijinya. Ekstrak vanilla merupakan gabungan dari ratusan senyawa yang berbeda, termasuk asetaldehida, asam asetat, furfural, asam heksanoat, 4-hidroksibenzaldehida, eugenol, metil cinnamat, dan asam isobutirat, namun yang memberikan aroma vanilla yang khas adalah senyawa vanillin (4-hydroxy-3-methoxybenzaldehyde). Senyawa minor lainnya yang ikut mempengaruhi rasa yaitu piperonal. Senyawa utama yaitu vanillin dapat dibuat secara sintetis dari fenol dan larut dalam etanol.
Nah sekarang sudah tau kan apa itu vanilla ??? Vanilla bisa dijadikan sebagai bahan campuran dalam pengolahan berbagai makanan, terutama cake atau kue. Seperti resep di bawah ini, vanilla dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan rainbow cake. Yuk mari kita simak Resep Vanilla Rainbow Cake :

Resep Vanilla Rainbow Cake
Bahan A Vanilla Rainbow Cake :

√ 1 butir telur
√ 5 butir kuning telur
√ ½ sdt vanilla powder
√ 80 ml susu putih cair
√ 80 gram tepung terigu
√ 10 gram maizena
√ 50 gram gula kastor
√ 60 ml minyak sayur
√ ¼ sdt garam
√ pewarna makanan (ungu, merah, kuning, hijau, biru) 

Bahan B Vanilla Rainbow Cake :

√ 5 butir putih telur
√ 50 gram gula kastor
√ 1 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat Vanilla Rainbow Cake :
  1. Campur semua bahan A, kecuali pewarna makanan. Aduk sampai benar - benar halus dan licin, lalu sisihkan. 
  2. Kocok bahan B secara merata sampai halus. 
  3. Campurkan adonan bahan B ke dalam adonan A secara bertahap, dan aduj secara perlahan - lahan. 
  4. Bagi adonan menjadi 5 bagian, beri masing - masing warna pada setiap bagian. Aduk rata. 
  5. Siapkan loyang ukuran 16x16 yang sudah diolesi dengan margarin dan di alasi dengan kertas roti. 
  6. Tuang adonan warna ungu pada satu titik kemudian warna biru, hijau, merah dan kuning. Usahakan menuang masing - masing adonan pada satu titik tengah, agar terbentuk motif yang rapi. 
  7. Hentakkan loyan cake di meja beberapa kali untuk menghilangkan udara yang tersisa di dalamnya. 
  8. Masukkan loyang cake ke dalam loyang yang lebih besar dan isi dengan air panas. 
  9. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 160°C selama 90 menit. 
  10. Angkat, kemudian  letakkan cake diatas piring dan sajikan. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Vanilla Rainbow Cake"

Post a Comment