Resep Lasagna Kentang Kukus Khas Eropa

Resep Lasagna Kentang Kukus Khas Eropa - Masakan khas negara lain kini telah banyak yang merambah di kalangan nusantara. Semakin berkembangnya teknologi dan informasi, kini segala bentuk berita, tips, bahkan termasuk resep masakan luar negeri kini semakin menyebar luas di kalangan masyarakat. Dengan demikian, tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk memanjakan lidah kita dengan mencicipi masakan khas luar negeri. Akan tetapi, kita harus tetap menjaga kelestarian masakan nusantara negeri kita tercinta. Dari sekian banyak resep luar negeri yang kita ketahui, disini kita akan membahas salah satunya yaitu Resep Lasagna Kentang Kukus Khas Eropa
Lasagna atau orang menyebutnya juga Lasagne adallah salah satu jenis pasta. Makanan tradisional dari negara Eropa ini adalah salah satu jenis pasta yang dipanggang. Pengertian Lasagna sendiri secara harfiah adalah lasagne yang isinya daging, akan tetapi pada penerapannya banyak sekali macam varian isi dari Resep Lasagna itu sendiri misalnya Resep lasagna berisi sayuran, Resep lasagna berisi daging ayam, Resep lasagna berisi seafood dan masih banyak lagi, karena rasa kulitnya yang netral sehingga bisa dikombinasikan dengan berbagai macam isian sesuai selera kita. Pada dasarnya bagian kulit Lasagna ialah adonan yang dibuat dari tepung terigu protein sedang lalu diberi isi sesuai selera didalamnya kemudian dipanggang hingga matang. Dari sekian banyak ragam varian tersebut, kita masih bisa membuat varian lain dengan bahan yang lebih mudah, yaitu menggunakan kentang dengan cara pengolahannya adalah di kukus. Kita tau bahwa kentang sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. 
Banyak sekali manfaat dan kandungan gizi dari kentang itu sendiri. Kentang dikenali orang sebagai makanan pokok di luar negeri, khususnya negara Eropa. Kentang mengandung karbohidrat yang cukup banyak. Di Indonesia sendiri, kentang masih dianggap sebagai sayuran yang mewah. Namun demikian, kentang adalah makanan yang enak serta sangat bernutrisi. Selain itu, kentang juga mengandung sejumlah vitamin dari A, B-kompleks, hingga C, hingga asam folat. Juga mineral, protein, karbohidrat, karotenoid, dan polifenol. Dalam kentang ini juga ada zat solanin yang dikenal sebagai obat penenang, antikejang, antijamur, dan pestisidal. Kompresan air kentang ini dikenal sangat membantu pengobatan luka pada kulit, terlebih di negara miskin yang sulit cangkok kulit (skin graft). Namun,  manakala kentang terpapar cahaya, kentang dapat saja membuat glikoalkaloid yang dinamakan solanin secara berlebih, sehingga jadilah berbahaya untuk dikonsumsi. Bahaya yang dapat terjadi ialah terganggunya sistem saraf, terbakar tenggorokan, sakit kepala, paralisis/lumpuh tungkai, dan badan mendingin. Apabila dosis sudah 3-6 mg, akibat bisa fatal. Oleh sebab itu, untuk pencegahan terjadinya solanin pada kentang yang hendak dikonsumsi itu, maka letakkan kentang di tempat yang gelap. Memasak solanin pada suhu tinggi, dapat menghancurkan sebagian solanin. Hindari pula mengkonsumsi kentang yang sudah berkecambah dan berwarna hijau di bagian bawah kulit, karena alkaloid solaninnya sudah tinggi dan sudah sangat beracun. 
Nah itu tadi adalah sedikit uraian tentang lasagna dan kandungan gizi dari bahan dasarnya, yaitu kentang. Ketika kita sudah mengetahui bagaimana manfaat masakan ini buat tubuh, tentu kita akan tertarik untuk mencoba membuat masakan ini.  Dengan begitu, penulis akan membagikan bagaimana Resep Lasagna Kentang Kukus Khas Eropa lengkap dengan cara pengolahannya...

Baca juga : Resep Pancake Durian Pelangi

Resep Lasagna Kentang Kukus Khas Eropa
Bahan Kulit :
  • 150 gram kentang kukus, dihaluskan
  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 butir telur
  • 400 ml susu cair
  • 1 sdt garam
Bahan Saus :
  • 4 siung bawang putih, dicincang halus
  • 1 buah bawang bombay, dicincang kasar
  • 200 gram ayam giling
  • 200 gram wortel, dipotong sesuai selera, lalu rebus hingga empuk dan jangan sampai lembek 
  • 400 gram tomat parut 
  • 250 gram saus tomat
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 3 sdt gula pasir
  • 600 ml air
  • 5 sdm minyak goreng untuk menumis
Bahan Saus Keju :
  • 4 sdm tepung terigu protein sedang
  • 500 ml susu cair
  • 50 gram keju cheddar parut
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica bubuk
  • 2 sdm margarin untuk menumis
Cara Membuat Lasagna Kentang Kukus:
  1. Kulit lasagna: semua bahan yang ada dibagian bahan kulit lasagna di aduk hingga rata. Kemudian buat adonan menjadi bentuk dadar dengan teflon atau wajan datar, lalu sisihkan. 
  2. Saus: panaskan minyak. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, kemudian masukkan ayam giling lalu aduk sampai berubah warna.  Tambahkan wortel dan aduk lagi hingga rata. Masukkan bahan lainnya seperti merica, garam, tomat, saus tomat, dan gula pasir sambil tetap diaduk. Kemudian tuang air sedikit demi sedikit lalu masak sampai kental.
  3. Tata selembar kulit di cetakan tahan panas oval yang telah dioles dengan margarin. Kemudian siram dengan saus, lalu tata selembar kulit lagi diatasnya  dan siram saus.  Ulangi hingga semua adonan dadar yang dibuat habis.
  4. Saus keju: cairkan margarin, tambahkan tepung terigu dan aduk sampai berbutir. Lalu tuang susu cair perlahan  sambil terus diaduk sampai terigu larut dan tidak menggumpal. Masukkan keju cheddar yang telah diparut, garam, dan merica bubuk. Kemudian masak hingga mengental,  lalu tuang diatas saus tomat yang telah disiapkan.
  5. Letakkan di dalam loyang yang sudah di olesi margarin dan oven selama ±35 menit dengan suhu sekitar 170° Celcius hingga matang. Angkat dan sajikan dalam piring saji. 
Bagaimana, mudah bukan ???? Tertarik dengan artikelnya??? Harus dong yaa... 
Demikian artikel sederhana dari Resep Lasagna Kentang Kukus Khas Eropa. Semoga artikel ini bisa memberi manfaat bagi para pembaca dan tentunya bisa menjadi referensi para pembaca untuk mencoba berkreasi dengan masakan-masakan lainnya. Selamat mencoba yaa... Semoga berhasil.... Happy cooking!!! 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Lasagna Kentang Kukus Khas Eropa"

Post a Comment