Resep Udang Spesial Saus Tiram

Resep Udang Spesial Saus Tiram - Bagi pecinta masakan seafood, tentunya sudah menikmati berbagai jenis masakannya dong yaa.... Banyak sekali jenis - jenis binatang laut yang dapat dijadikan sebagai masakan yang tentunya dapat menggoyangkan lidah penikmatnya. Salah satunya adalah udang. Sering makan udang ? Atau justru malah takut makan udang ? Hahahaa.... Tidak masalah. Tau gak sih udang itu apa aja kelebihannya ?

Udang memiliki kandungan yang rendah kolesterol, hewan laut ini juga kaya akan protein, asam lemak esensial, vitamin D, vitamin B12, dan kalsium. Selain sehat, Udang juga sangat lezat untuk dikonsumsi dan diolah dengan berbagai cara, seperti digoreng, direbus, dipanggang, atau dikukus. Dapat juga dikreasikan dengan berbagai masakan. Mengolah Udang untuk dimasak di rumah tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Walaupun kelihatannya mudah, tetapi ada beberapa step yang harus kita lakukan. Langkah ini akan menuntun kita untuk membuat udang yang matang sempurna dan pas. Jika udang kurang matang dan terlalu matang, hasilnya akan kurang enak dan tidak memuaskan. Pemilihan bumbu masak yang tepat juga mempengaruhi hasil masakan. 

Jenis-jenis udang yang bisa kita temukan di pasar di antaranya adalah Udang Jerbung yang berkulit tipis dan licin berwarna putih kekuningan, Udang Galah yang berukuran besar berwarna hijau kebiruan, dan Udang Windu yang berkulit keras dan tebal. Sebelum memasak, alangkah baiknya jika terlebih dahulu kita menentukan jenis udang yang akan dimasak. Hal ini penting karena setiap jenis udang memiliki ukuran yang berbeda-beda, dan tentunya akan berpengaruh pada proses lama memasaknya. Untuk kali ini kita akan mengkreasikan udang segar menjadi masakan yang sangat nikmat. Mau tau seperti apa? Kita intip yuukk Resep Udang Spesial Saus Tiram dan cara membuatnya!!! 

Resep Udang Spesial Saus Tiram
Bahan  Udang Spesial Saus Tiram :
  • 250 gram udang segar
  • 50 gram kacang kapri muda
  • ½ siung bawang bombay, iris tipis
  • 80 ml air
  • Minyak goreng untuk menumis

Bumbu  Udang Spesial Saus Tiram :
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • 2 sdm saus tomat
  • 3 sdm saus sambal
  • 4 sdm saus tiram
  • Merica secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat  Udang Spesial Saus Tiram :
  1. Goreng bawang bombay hingga layu.
  2. Tambahkan jahe, kemudian tumis sampai harum.
  3. Masukkan kacang kapri dan 3 sdm air, masak sampai matang.
  4. Tambahkan udang segar, masak sampai berubah warna.
  5. Masukkan saus tomat, saus sambal, saus tiram, merica, garam dan sisa air.
  6. Masak hingga bumbu merasuk dan agak kental.
  7. Angkat dan sajikan selagi masih hangat.
Nikmati selagi hangat dan hidangkan nasi putih yang pulen untuk mendapatkan cita rasa yang lengkap dan pas. Untuk memberikan rasa manis cukup ditambahkan sedikit kecap manis dan aduk hingga merata saat di atas penggorengan. Demikan artikel Resep Udang Spesial Saus Tiram yang lezat, semoga bermanfaat. Selamat mencoba. Happy Cooking.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Udang Spesial Saus Tiram"

Post a Comment