Resep Omelet Kentang Gurih

Resep Omelet Kentang Gurih - Tahukah anda omelet kentang ??? Omelet kentang terkenal sebagai masakan yang berasal dari negara Eropa. Kentang dikenali orang sebagai makanan pokok di luar negeri. Ini karena kentang mengandung karbohidrat. Di Indonesia sendiri, kentang masih dianggap sebagai sayuran yang mewah. Namun demikian, kentang adalah makanan yang enak serta sangat bernutrisi. Juga dikenali mengandung sejumlah vitamin dari C, hingga asam folat. Juga mineral, protein, karbohidrat, karotenoid, dan polifenol. Dalam tubuh kentang ini, juga ada zat solanin yang dikenal sebagai obat penenang, antikejang, antijamur, dan pestisidal. Kompresan air kentang ini dikenal sangat membantu pengobatan luka pada kulit, terlebih di negara miskin yang sulit cangkok kulit (skin graft). Namun demikian, manakala kentang terpapar cahaya, kentang dapat saja membuat glikoalkaloid yang dinamakan solanin secara berlebih, sehingga jadilah berbahaya untuk dikonsumsi. Bahaya yang dapat terjadi ialah terganggunya sistem saraf, terbakar tenggorokan, sakit kepala, paralisis/lumpuh tungkai, dan badan mendingin. Apabila dosis sudah 3-6 mg, akibat bisa fatal.

Pengobatan yang bisa dilakukan ialah memberi arang aktif/norit, cuci lambung, dan diberi cairan infus. Sebab itu, untuk pencegahan terjadinya solanin pada kentang yang hendak dikonsumsi itu, maka letakkan kentang di tempat yang gelap. Memasak solanin pada suhu tinggi, dapat menghancurkan sebagian solanin. Juga, hindari mengonsumsi kentang yang sudah berkecambah dan berwarna hijau di bagian bawah kulit, karena alkaloid solaninnya sudah tinggi dan sudah sangat beracun. 
Nah berikut akan saya bagikan Resep Omelet Kentang Gurih yang sangat sederhana dan mudah sekali.

Baca Juga : Resep Cheesy And Hot Chicken Kfc

Resep Omelet Kentang Gurih

Bahan dan Bumbu Omelet Kentang Gurih:
  • 700 gram kentang besar
  • 4 sdm minyak goreng 
  • 2 buah bawang bombay, iris dadu 1 cm
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 70 gram salami, iris dadu 1 cm
  • 5 butir telur, kocok lepas
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica

Cara Membuat Omelet Kentang Gurih:
  1. Kentang di kupas, dibersihkan lalu di rebus. Setelah itu hancurkan kentang rebusnya. 
  2. Siapkan wadah, campurkan semua bahan dan masukkan kentang rebus yang sudah dihaluskan tadi. 
  3. Siapkan wajan penggorengan (saya menggunakan teflon ) dan panaskan minyak goreng. Masukkan adonan dan bolak balik sampai matang merata. Angkat dan tiriskan. Masakan siap disajikan. 
Dengan Resep Omelet Kentang Gurih ini sarapan pagi anda akan jadi lebih nikmat. Kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga tidak perlu dilengkapi dengan nasi. Selamat mencoba. Happy Cooking.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Omelet Kentang Gurih"

Post a Comment